Enam Gunung yang Punya Danau Eksotis

Danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Melakukan pendakian ke gunung tak melulu untuk menikmati suasana alam yang sejuk dan hening, tetapi juga pemandangan alam yang ada di kawasan gunung itu sendiri. Salah satu pesona alam yang ada di gunung yaitu danau.

Meski tidak semua gunung memiliki danau, tetapi ada beberapa gunung yang menyimpan potensi alam yang eksotis tersebut. Berikut ini enam gunung di Indonesia yang memiliki danau yang eksotis.

1. Gunung Semeru

Mungkin bagi kalian penikmat ketinggian, sudah tidak asing lagi dengan Gunung Semeru. Gunung yang berada di Lumajang, Jawa Timur itu memiliki pesona danau yang tersohor, yaitu Danau Ranu Kumbolo. Danau tersebut berada di ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut (mdpl).

2. Gunung Rinjani

Gunung yang terletak di Pulau Lombok ini memiliki danau yang cukup indah, yaitu Segara Anak. Uniknya, di danau yang berada di ketinggian 2.004 mdpl itu pendaki bisa melakukan kegiatan mancing ikan di lokasi tersebut. Selain itu di sekitar danau pun terdapat beberapa lokasi pemandian air panas, dan juga goa-goa.

3. Pegunungan Jayawijaya

Pegunungan Jayawijaya yang terletak di Papua menyimpan banyak keindahan alam, salah satunya Danau Larson yang berada di ketinggian 4.000 mdpl. Danau ini terbilang cantik, namun perlu perjuangan ekstra untuk mencapainya, dengan kelengkapan peralatan yang memadai demi keamanan.

4. Gunung Masurai

Gunung yang terletak di Jambi ini memiliki danau bernama Mabuk yang berada di ketinggian 2.533 mdpl. Lokasi danau ini masih berada di dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Kendati jalur menuju danau ini cukup sulit, akan tetapi keindahan panorama danau ini akan membayar semuanya.

5. Gunung Singgalang

Di gunung yang berada di Provinsi Sumatera Barat ini terdapat Danau bernama Telaga Dewi yang berada di ketinggian 2.760 mdpl. Danau ini merupakan kawah yang berisi air yang dapat diminum. Letaknya dekat dengan puncak Gunung Singgalang, sehingga wajib dikunjungi oleh pendaki.

6. Gunung Argopuro

Gunung dengan trek terpanjang di Pulau Jawa ini menyimpan pesona alam yang ciamik, salah satunya Danau Taman Hidup. Danau ini berada di ketinggian 1.980 mdpl, di mana danau ini sering dijadikan spot foto oleh pendaki serta untuk tempat bermalam juga. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.