0

Bumi Perkemahan Kalipasang, Cara Lain Menikmati Gunung Merbabu

Salah satu spot yang ada di Kalipasang (Foto: dok. TN Gunung Merbabu)

Mounture.com — Untuk menikmati Gunung Merbabu tak melulu harus melakukan pendakian, tetapi ada cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan merasakan panorama di sekitar kaki Merbabu.

Adalah Wisata Alam Kalipasang, yang bisa menjadi destinasi tujuan untuk menikmati Gunung Merbabu tanpa harus mendaki. Berada di Dusun Krengkeng, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah objek wisata alam Kalipasang dikelola oleh Taman Nasional Gunung Merbabu.

Di lokasi itu, pengunjung bisa melakukan kegiatan berkemah, di mana terdapat bumi perkemahan yang menawarkan keindahan serta kesejukan khas Gunung Merbabu. Tegakan Tusam (Pinus merkusii) yang menjulang tinggi dan berjajar rapi mendominasi vegetasi di bumi perkemahan ini, serta terlihat sangat indah.

BACA JUGA: Rekomendasi Bumi Perkemahan untuk Liburan Akhir Pekan

Bumi perkemahan ini dilengkapi dengan falisitas umum seperti tempat parkir, loket masuk, toilet, musola, aula, area kemah, menara tower dan juga teater alam. Selain itu, di lokasi ini juga memiliki air bersih yang melimpah.

(Foto: dok. TN Gunung Merbabu)

Dikutip dari laman Jasling Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dijelaskan bahwa Kalipasang tak hanya menjadi tempat rekreasi atau berkemah. Namun, juga menjadi rumah bagi satwa seperti satwa jenis burung seperti dederuk, kutilang, prenjak, pentet, kacamata, dan lain-lain.

Selain pinus, tumbuh juga pohon puspa, tembelekan, akasia dekuren, cemara gunung, dan lain sebagainya.

Lokasi Wisata Alam Kalipasang sangat mudah diakses baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Terdapat dua pilihan rute yaitu dari arah timur (Kota Salatiga) sejauh 16 kilometer dan arah barat (Kota Magelang) sejauh 30 kilometer.

Untuk pencarian di peta Google Maps pun sudah tersedia ‘Bumi Perkemahan Kalipasang’ yang bersebelahan dengan Embung Bangau milik Desa Tajuk. (MC/RIL)