Sekilas Tentang Gunung Halau-halau di Kalimantan Selatan

(Mounture.com) — Gunung Halau-halau atau Gunung Besar merupakan gunung yang terletak di perbatasan 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Kabupaten Tanah Bumbu di Provinsi Kalimantan Selatan. Gunung yang memiliki ketinggian 1.901 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini masuk kedalam jajaran pegunungan Meratus.

Jika di gunung yang ada di luar Pulau Kalimantan melakukan pendakian dengan jalur yang cukup memadai, lain hal dengan di Gunung Halau-halau. Di puncak tertinggi di Kalimantan Selatan ini, kalian menemui berbagai jenis medan, mulai dari melintasi sungai, lembah hingga melewati lereng pegunungan Meratus yang masih alami.

Gunung ini memiliki ciri khas hutannya yang rimbun dan hutan lumut yang sangat indah, selain itu terdapat banyak pacet di sepanjang jalur pendakian yang siap menyambut ketika mendaki ke gunung ini. Untuk bisa mendaki ke gunung ini, kalian bisa melalui dua jalur pendakian, yakni melalui Desa Kiyu (Barabai) dan Desa Kadayang (Kandangan).

Uniknya, di gunung ini terdapat sebuah pohon Kariwaya yang besar. Pohon Kariwaya ini merupakan sejenis beringin, berakar besar, dan tinggi yang memiliki bentuk batang seperti pintu gerbang yang di tengahnya berlubang besar dan bisa dilalui manusia. Di samping kanan dan kirinya banyak semak belukar yang rimbun.

Oleh masyarakat Dayak Meratus yang bermukim di sekitar gunung ini, pohon Karimaya ini sejak dulu sangat dikeramatkan.

Bagi kalian yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Halau-halau ini, ada beberapa tips yang bisa kalian jadikan referensi seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Persiapkan fisik yang benar-benar fit.
2. Sebelum melakukan pendakian, wajib melapor dan meminta izin terlebih dahulu kepada Tutuha di sana.
3. Jaga kelestarian alam di Gunung Halau-halau dengan tidak merusaknya dalam bentuk apapun. Seperti tidak membuang sampah sembarangan, tidak merusak pohon, tidak melakukan vandalisme dan lainnya.
4. Gunung Halau-halau ini dikeramatkan oleh warga Dayak yang bermukim di sana, jadi kalian harus tetap jaga kesopanan.
5. Suhu udara di puncak Halau-halau terkenal sangat dingin, sebaiknya bawa SB (Sleeping Bag) dan pakaian hangat lainnya.
6. Persiapkan peralatan berkemah yang memadai juga peralatan P3K.
7. Banyaknya pacet atau lintah di sepanjang jalur pendakian, disarankan untuk menggunakan pakaian tertutup atau panjang. (MC/RL)

Foto: dok. Instagram/@lamin_outdoor

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.