Pesona Tersembunyi Danau Laputi di Pulau Sumba

(Mounture.com) — Pulau Sumba yang merupakan sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) rupanya menyimpan pesona keindahan tersembunyi bernama Danau Laputi. Laputi adalah danau dan air terjun yang terletak di Taman Nasional Laiwangi Wanggameti.

Lokasi danau Laputi berada di bagian atas dari air terjun. Adapun daya tarik dari danau Laputi adalah airnya yang biru atau jernih, bahkan saking jernihnya kalian bisa bercermin di danau ini loh.

Selain itu, di danau ini juga hidup belut Apu yang dikeramatkan oleh orang Marapu (kepercayaan orang Sumba) karena dianggap sebagai nenek moyang mereka. Belut ini terbilang cukup banyak di danau ini, jika kalian ingin belut ini muncul ke permukaan, kalian bisa memanggil perlahan kata ‘Apu’ dan mereka akan muncul.

Sementara untuk menuju ke air terjun, diperlukan waktu sekira 30 menit menggunakan kendaraan untuk sampai di pintu masuk air terjun. Dari pintu masuk ke air terjun, kalian diharuskan berjalan kaki sekira 15 menit, melewati sungai-sungai kecil.

Pada saat musim hujan, debit air sungai ini cukup deras, juga akan terbentuk beberapa air terjun kecil di tebing. Pada musim kemarau, beberapa tebing terlihat kering karena tidak ada air yang mengalir melewatinya.

Air terjunnya terletak di bagian atas, tersembunyi di balik pepohonan. Air terjun ini terdiri dari beberapa tingkat dengan debit air yang cukup deras walaupun di musim kemarau. Airnya mengalir ke bawah melalui sungai-sungai kecil yang mengering di musim kemarau.

Di lokasi air terjun ini, fasilitas tersedia hanya 2 buah kamar mandi di dekat pintu masuk, belum ada warung-warung atau fasilitas penginapan. Kendati memiliki pesona yang indah, namun akses menuju ke danau Laputi terbilang masih belum baik dan sulit dijangkau. (MC/DC)

Foto: Instagram/@inanangg/@tamannasional_matalawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.