Perhatikan Hal ini Saat Mendaki di Musim Hujan

(Mounture.com) — Musim penghujan kadang bisa menjadi kendala bagi kalian untuk melakukan pendakian ke gunung. Namun, bagi mereka yang memang hobi mendaki gunung, apapun rintangannya akan tetap dijalani tak peduli musim kemarau atau musim hujan.

Ketika melakukan pendakian di musim hujan, kesulitan dalam pendakian akan menjadi berlipat ganda. Tak hanya medan yang akan dilalui menjadi licin, tetapi juga cuaca yang tak bersahabat, seperti hawa dingin ataupun badai.

Tetapi bagi kalian yang tetap ingin mendaki gunung meski curah hujan sedang tinggi, tidak ada salahnya kalian perhatikan tips-tips berikut yang Mounture.com rangkum dari berbagai sumber. Adapun tujuannya agar kegiatan mendaki kalian tetap nyaman dan menyenangkan. Kendati demikian, faktor paling penting adalah keamanan diri kalian ya brooo..

1. Pilih Gunung yang Aman Didaki dan Kenali Medannya

Maksudnya aman adalah gunung tersebut bisa dilihat dari jalur pendakiannya, ketersediaan fasilitas, atau jaminan keamanannya. Hindari gunung-gunung yang memiliki resiko longsor ketika musim hujan tiba. Kamu juga bisa memilih gunung yang memiliki shelter di tiap pos pendakiannya,karena bisa kamu jadikan tempat berteduh ketika hujan tiba.

Selain itu, ada baiknya kalian juga mengenali dengan baik medan, karakteristik dan jalur pendakian dari gunung yang akan kalian tuju.

2. Gunakan Alat-alat yang bersifat Waterproof (anti air)

Gunakan berbagai peralatan yang bersifat waterproof seperti dry bag atau trash bag atau plastik sampah untuk menyimpan barang-barang kalian, agar ketika hujan turun, kalian tidak usah khawatir barang bawaan akan basah.

Tak kalah pentingnya adalah gunakan sepatu gunung ketimbang sandal gunung atau sepatu biasa. Sepatu gunung didesain sedemikian rupa khusus untuk medan yang ada di jalur pendakian, jadi kalian nggak perlu khawatir lagi ketika medan berubah menjadi lebih sulit ketika hujan turun.

Alangkah lebih baiknya lagi jika sepatu gunung yang kalian pilih punya kemampuan kedap air, jadi kalian nggak perlu khawatir kaki menjadi kedinginan karena basah.

3.Bawa Ponco atau Flysheet

Barang ini sangatlah berguna di kala musim hujan tiba, selain untuk melindungi dari hujan, ponco ataupun flysheet ini bisa juga digunakan untuk menjadi shelter dalam kondisi darurat. Ingat, taruhlah ponco atau flysheet ini di tas carrier pada bagian atas agar mudah dikeluarkan ketika sewaktu-waktu hujan turun.

4. Bawa pakaian yang bersifat quick dry

Kaos atau celana dengan bahan yang quick dry bisa menjadi pilihan tepat. Selain ringan, pakaian jenis ini juga dapat kering dengan cepat. Jadi ketika kalian terjebak hujan dalam pendakian, kalian nggak perlu khawatir lagi kedinginan, karena pakaian quick dry akan dengan cepat dan mudah kering kembali.

5. Pantau Selalu Perkiraan Cuaca

Hal ini penting dilakukan agar kalian tahu informasi terkini terkait kondisi cuaca di sekitaran jalur pendakian. Apabila diinformasikan akan ada badai, maka ada baiknya kalian tunda perjalanan.

6. Utamakan Keselamatan

Ini sangat penting, jangan memaksakan diri. Selalu utamakan keselamatan dan waspada akan bahaya hipotermia. Satu hal yang perlu kalian ingat, tujuan utama kalian mendaki adalah pulang dengan selamat. (MC/AI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.