Mengenal Jalur Pendakian Rinjani via Aik Berik

Pemandangan dari Plawangan Aik Berik (dok. instagram/@
trekkingrinjani_via_aikberik)

Mounture.com — Gunung Rinjani yang berada di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan salah satu gunung yang memiliki panorama yang sangat indah. Tak heran, jika gunung ini sangat diminati oleh para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Bahkan, selama periode tahun 2019, berdasarkan data dari Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) gunung dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu dominasi kunjungan lebih banyak berasal dari wisatawan mancanegara.

Gunung ini memiliki 4 jalur pendakian resmi, yaitu Sembalun, Senaru, Aik Berik, dan Timbanuh. Nah, kali ini Mounture.com ingin membahas jalur pendakian Gunung Rinjani via Aik Berik yang berada di Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah.

Melalui jalur ini, pendaki tidak bisa untuk mencapai puncak Gunung Rinjani, yang mana pendakian hanya bisa sampai Plawangan Aik Berik saja. Plawangan Aik Berik yang berada di ketinggian 2.500 mdpl ini berupa tepian kawah, namun pendaki bisa mendirikan tenda.

Untuk melalui jalur pendakian Aik Berik, pendaki akan melintasi pintu rimba, kemudian pos pendakian sebanyak 4 pos sebelum sampai ke Plawangan Aik Berik. Menariknya, di jalur ini pendaki akan diuji keberaniannya, di mana terdapat jalur bukit savana yang jalurnya bersebelahan dengan jurang.

Di jalur pendakian ini, pendaki juga akan melintasi beberapa sungai dan air terjun. Jadi bagi kalian yang ingin mendaki melalui jalur ini, maka harus mempersiapkan peralatan-peralatan yang memadai, mulai dari sepatu tahan air, hingga gaiters.

Untuk mata air, pendaki bisa mendapatkan sumber air di beberapa pos pendakian, seperti di Pos 1 hingga Pos 3, dan Pos 4 sebelum Plawangan Aik Berik. Gimana tertarik? (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.