Mengenal Gunung Setlerep di Temanggung

Puncak Gunung Setlerep (dok. instagram/@andyiqbalshiddiq)

Mounture.com — Bagi sebagian pendaki, mungkin agak terdengar asing dengan nama Gunung Setlerep. Ya, gunung yang berada di Kabupaten Temanggung, Wonosobo, Jawa Tengah ini memang tidak setenar dengan gunung-gunung lain yang berada di wilayah Wonosobo.

Gunung Setlerep yang memiliki ketinggian 2.064 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu letaknya bersebelahan dengan Gunung Prau. Untuk bisa mendaki ke gunung ini, pendaki hanya bisa melintasi satu jalur pendakian, yaitu melalui desa Gejugan, Kecamatan Wonoboyo, Kabupaten Temanggung.

Estimasi pendakian untuk menuju ke puncak Gunung Setlerep ini sekitar 2-4 jam perjalanan. Di mana, pendaki akan melewati tiga pos pendakian sebelum ke puncak dengan sumber mata air berada sebelum Pos 2.

Jalur pendakian dimulai dari ladang penduduk, selanjutnya akan melintasi sabana, lalu akan menemui hutan yang terbilang cukup rapat sampai dengan puncak Gunung Setlerep. Vegetasi tanaman yang ada di jalur Gejugan ini didominasi tanaman pakis, dan ilalang.

Melalui jalur Gejugan ini, pendaki bisa melakukan camp atau mendirikan tenda di dua tempat, yakni di Pos 2 yang bisa menampung kurang lebih 15 tenda, dan Pos 3 yang hanya menampung sekitar 3 tenda saja.

Pemandangan Gunung Prau dilihat dari puncak Gunung Setlerep (dok. instagram/@agus_mount_prau)

Mesti belum setenar gunung-gunung lain di kawasannya, namun Gunung Setlerep ini memiliki pesona alam yang cukup indah di atas puncaknya. Dari puncak, pendaki akan bisa menikmati pemandangan Gunung Sindoro, Sumbing, Bismo, Prau, dan gugusan Kompleks gunung lainnya di Dataran Tinggi Dieng.

Bagi kalian yang tertarik untuk mendaki ke gunung ini, kalian bisa menghubungi pihak basecamp Gejugan di nomor 0838-6740-3002 atau 0838-4050-8881. Atau bisa mengunjungi halaman instagram @gunungsetlerep_viagejugan. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.