0

Sekilas Mengenal Danau Gunung Tujuh

  • 26 Agustus 2018 08:06

(Mounture.com) — Jika kalian pernah mendaki ke gunung Kerinci, pastinya kalian tidak akan melewatkan untuk berkunjung ke salah satu danau terindah di Indonesia yaitu Danau Gunung Tujuh. Danau Gunung Tujuh adalah danau yang indah dan unik di Indonesia.

Danau ini berada di puncak Gunung Tujuh dan menjadi salah satu danau kaldera tertinggi di Asia Tenggara dengan luas sekira 960 hektare, panjang 4,5 kilometer, serta lebar 3 kilometer. Ketinggian danau tersebut sekira 1,950 meter di atas permukaan laut (mdpl). Lokasinya berada di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro, Kabupaten Kerinci, Jambi.

Danau ini memiliki pesona yang menawan mulai dari keasrian serta alami, udara segar, panorama hijau, dan air danau yang jernih disuguhkan secara indah yang mampu membuat kalian bakal betah untuk berlama-lama menikmati pemandangannya. Selain sebagai tempat melepas penat dan bersantai, danau ini juga digunakan sebagai sumber mata pencaharian nelayan setempat.

Danau Gunung Tujuh adalah danau vulkanik nan menawan yang tercipta karena proses letusan gunung api yaitu Gunung Tujuh di Kabupaten Kerinci. Letusan gunung tersebut menyebabkan terbentuknya sebuah kawah besar yang kemudian terisi oleh air hujan sehingga membentuk sebuah danau.

Seperti diketahui, danau Gunung Tujuh mengaliri beberapa sungai di Jambi, salah satu alirannya bermuara di Sungai Batanghari. Danau gunung tujuh memiliki luas sekira 12.000 m2 dan termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Dinamai Danau Gunung Tujuh karena di kelilingi tujuh puncak gunung di sekitarnya. Gunung-gunung tersebut antara lain Gunung Hulu Tebo (2.525 mdpl), Gunung Hulu Sangir (2.330 mdpl), Gunung Madura Besi (2.418 mdpl), Gunung Lumut yang ditumbuhi berbagai jenis lumut (2.350 mdpl), Gunung Selasih (2.230 mdpl), Gunung Jar Panggang (2.469 mdpl), dan Gunung Tujuh (2.735 mdpl). (MC/DC)

Foto: Instagram/ @jezyabdinata