0

Mengenal Gunung Bambapuang di Sulawesi Selatan

  • 3 September 2021 07:13

dok. instagram/@muhammad_raihan_rahmanu

Mounture.com — Gunung Bambapuang yang berada di Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan memiliki ketinggian mencapai 1.021 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini merupakan tebing tertinggi di Sulawesi Selatan.

Nama Bambapuang sendiri memiliki arti ‘Tangga Tuhan’. Hal ini dikaitkan erat dengan keyakinan masyarakat setempat yang menjadikan Gunung Bambapuang sebagai tempat yang sakral. Gunung ini merupakan jenis gunung berbatu yang mana gunung ini memiliki jalur berupa bebatuan cadas.

Untuk bisa mendaki ke gunung ini, pendaki bisa melalui dua jalur pendakian yakni melalui Desa Bambapuang, dan Desa Kasambi. Adapun jalur pendakian favorit adalah melalui Desa Bambapuang, di mana treknya didominasi oleh perkebunan jagung dan bisa ditempuh selama 2-3 jam perjalanan untuk mencapai puncaknya.

Puncak dari Gunung Bambapuang berupa punggung tebing, yang mana dari puncaknya kita bisa melihat pemandangan Gunung Nona dan Kota Toraja. Di gunung ini, selain sebagai lokasi pendakian, juga sering digunakan sebagai arena panjat tebing. (MC/PC)