Ini 5 Pendaki yang Dilarang Mendaki Gunung Pakuwaja

(Mounture.com) — Gunung Pakuwaja merupakan salah satu gunung yang memiliki panorama alam yang tak kalah dengan gunung-gunung lainnya di kawasan Dataran Tinggi Dieng. Gunung yang terletak di Desa Parikesit, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah ini memiliki ketinggian 2.390 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung ini memiliki keunikan tersendiri, di mana terdapat sebuah batu vertikal setinggi sekitar 50 meter yang diyakini sebagai Paku Pulau Jawa. Selain itu, buat pendaki yang ingin mendaki ke gunung ini juga tidak bisa begitu saja untuk mendaki. Pasalnya, ada beberapa ketentuan tentang siapa saja yang tidak diperbolehkan mendaki Gunung Pakuwaja.

Berikut ini 5 pendaki yang dilarang melakukan pendakian dan bermalam di Gunung Pakuwaja:

1. Pendaki yang berangkat sendiri,

Ketentuan ini berlaku baik untuk laki-laki maupun perempuan, kecuali pendaki tersebut melakukan pendakian secara tek-tok atau langsung turun tanpa bermalam (kemping).

2. Pasangan pendaki yang belum menikah,

Pendaki yang terdiri dari dua orang, laki-laki dan perempuan yang belum menikah dilarang untuk bermalam atau melakukan kemping di Puncak Gunung Pakuwaja. Namun, jika sepasang pendaki tersebut sudah menikah diperbolehkan untuk berkemah, asalkan bisa menunjukkan bukti telah menikah.

Kendati demikian, pendaki yang belum menikah tetap bisa berkemah di Puncak Gunung Pakuwaja asalkan rombongan pendakiannya lebih dari tiga orang.

3. Dua pendaki perempuan,

Bagi perempuan yang ingin melakukan pendakian ke Puncak Gunung Pakuwaja, maka disarankan jangan hanya berdua saja. Pasalnya, jika hanya dua orang pendaki yang naik, maka pihak basecamp tidak akan memberikan izin untuk bermalam. Jika ingin bermalam, maka hendaknya ajak teman lebih banyak. Namun jikalau hanya ada dua orang wanita yang mendaki, maka mereka harus menyertakan pemandu.

4. Pendaki yang mempunyai gangguan kesehatan,

Pendakian ke gunung sangat membutuhkan fisik yang prima, oleh karenanya sangat dilarang pendaki yang mempunyai gangguan kesehatan (sakit) untuk mendaki ke gunung Pakuwaja. Selain demi keselamatan pendaki itu sendiri, fisik yang sehat juga diperlukan agar pendakian semakin lancar.

5. Pendaki yang kehabisan kuota,

Sebagai informasi, pendakian ke Gunung Pakuwaja menerapkan sistem kuota, di mana pendakian ke gunung ini dibatasi hanya 150 orang per bulan. Pendaki pun diminta untuk memperhatikan kuota pendakian yang masih ada sebelum memulai perjalanan. Jika kuota pendakian sudah habis, maka tidak ada lagi pendaki yang diperbolehkan untuk mendaki Gunung Pakuwaja.

Bagi kalian yang ingin mendaki ke Gunung Pakuwaja, disarankan untuk melakukan pendakian di awal bulan yang kemungkinan kuotanya masih ada. Pendaki pun bisa menghubungi pihak basecamp untuk menanyakan perihal kuota pendakian melalui akun instagram @basecamp_gunung_pakuwaja dengan nomor kontak 0856-4379-3672. (MC/RIL)

Foto: Instagram/@muhammad_panji19_

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.