0

Estimasi Waktu Mendaki Gunung Talamau

(Mounture.com) — Gunung Talamau merupakan salah satu gunung tertinggi di Provinsi Sumatera Barat. Gunung yang terletak di Kabupaten Pasaman Barat ini memiliki ketinggian 2.982 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan masuk kedalam kategori gunungapi tidak aktif.

Gunung ini memiliki kelestarian alam yang masih terbilang alami, bersih dan hutannya yang rapat. Menariknya, gunung ini memiliki 13 telaga yang berada di ketinggian 2.750 mdpl, yaitu Biru, Buluah Parindu, Cindua Mato, Imbang Langik, Lumuik, Mandeh Rubiah, Puti Bungsu, Puti Sangka Bulan, Rajo Dewa, Satwa, Siuntuang Sudah, Tapian Puti Mambang Surau dan Tapian Sutan Bagindo.

Untuk bisa mendaki ke gunung ini, kalian bisa melalui Kota Padang dan Rao (perbatasan Sumatera Barat dan Utara). Jika berangkat dari Padang, ada angkutan umum menuju Kabupaten Pasaman Barat. Adapun lama perjalanan sekitara 6 jam, dengan biaya kurang lebih Rp50 ribu.

Jika sudah sampai di sana, ada titik pendakian yang bisa dipilih. Titik pertama bisa di mulai dari desa Pinaga, titik kedua bisa menggunakan pintu rimba yang di mulai di desa Malampah, dan titik ketiga di mulai dari Desa Kinali. Sementara untuk lama perjalanan menuju puncak sekitar 12 jam .

Berikut ini estimasi waktu mendaki Gunung Talamau via Desa Pinaga.

*Basecamp Uda Andri – Pos 1 (Harimau Campo) yang memiliki lama perjalanan 2,5 jam.

*Pos 1 (Harimau Campo) – Pos 2 (Rindu Alam) kurang lebih ditempuh selama 2-3 jam.

*Pos 2 (Rindu Alam) – Pos 3 (Bumi Sarasah) kurang lebih selama 3 jam.

*Pos 3 (Bumi Sarasah) – Pos 4 (Paninjauan) 1,5 – 2 jam.

*Pos 4 (Paninjauan) – Padang Siranjano sekaligus telaga dan Pos 5 (Rajawali Putih) 1,5 jam.

*Camp Rajawali Putih – Puncak Tri Martha 2.982 mdpl ditempuh selama 30 menit.

Dengan catatan, estimasi waktu tersebut tergantung kondisi fisik masing-masing ketika dalam pendakian, jadi bisa saja estimasi tersebut memiliki perbedaan. (MC/RL)

Foto: Instagram/@weny_kelces