0

Estimasi Waktu dan Biaya Mendaki Gunung Kembang

(Mounture.com) — Gunung Kembang yang memiliki ketinggian 2.340 meter di atas permukaan laut (mdpl) merupakan salah satu gunung yang terletak di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Blembem Damarkasihan, Kecamatan Kretek.

Kendati gunung yang identik dengan sebutan anak dari Gunung Sindoro ini tidak setenar dan setinggi gunung lain yang bersebelahan yaitu Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. Namun, gunung ini menyajikan pemandangan yang tidak kalah menarik dengan kedua gunung tersebut.

Gunung yang baru dibuka pada Maret 2018 lalu ini memiliki hutan dan vegetasinya yang terbilang masih asri. Tak hanya itu, pihak pengelola gunung ini pun terbilang sangat ramah kepada para pengunjung.

Jika kalian berminat untuk mendaki ke gunung ini, kalian bisa menggunakan moda transportasi ojek untuk menuju basecamp Gunung Kembang dari Terminal Mendolo, Wonosobo dengan kisaran biaya sebesar Rp25 ribu. Tarif sama pun berlaku untuk ojek menuju ke terminal ketika akan pulang.

Sementara untuk biaya tiket pendakian sebesar Rp10 ribu, ditambah tiket fasilitas basecamp Rp5 ribu, dan jika membawa kendaraan pribadi seperti motor dikenakan tiket parkir Rp5 ribu, dan mobil Rp10 ribu.

Sedangkan untuk estimasi waktu mendaki Gunung Kembang akan ditempuh selama kurang lebih 3 jam perjalanan untuk bisa mencapai puncak gunung ini, dengan catatan tergantung kekuatan fisik dan juga mental ya. Rincinya sebagai berikut:

– Basecamp – Istana Katak ditempuh selama 50 Menit
– Istana Katak – Kandang Celeng 10 Menit
– Kandang Celeng – Pos 1 Liliput 30 Menit
– Pos 1 Liliput – Pos 2 Simpang 3 15 Menit
– Pos 2 Simpang 3 – Pos 3 Akar 15 Menit
– Pos 3 Akar – Pos 4 Sabana 20 Menit
– Pos 4 Sabana – Tanjakan Mesra 20 Menit
– Tanjakan Mesra – Puncak 20 Menit. (MC/DC)

Foto: Instagram/@basecampgunungkembang