0

TNBTS Minta Calon Pendaki Semeru Ganti Jadwal Pendakian, Ini Caranya

(Mounture.com) — Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) belum lama ini mengumumkan penutupan jalur pendakian Gunung Semeru akibat adanya kebakaran yang melanda gunung dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu.

Adapun penutupan jalur pendakian yang hingga batas waktu yang belum ditentukan itu rupanya berdampak kepada para calon pendaki yang telah melakukan booking online di laman https://bookingsemeru.bromotenggersemeru.org/.

Menanggapi hal itu, pihak TNBTS dalam akun resmi instagram-nya (@tnbromotenggersemeru) meminta kepada calon pendaki yang telah melakukan booking online periode 23 September – 31 Oktober 2019 untuk merubah jadwal pendakian atau reschedule.

“Sehubungan ditutupnya jalur pendakian Semeru secara total pada tanggal 22 September 2019, maka bagi para calon pendaki yang telah melakukan booking online (23 September – 31 Oktober) diharapkan untuk melakukan penggantian jadwal (reschedule),” tulis akun itu.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa sesuai dengan SOP pendakian Gunung Semeru, terkait hal tersebut di atas (booking online), tidak ada penggantian uang yang telah dibayarkan (no refund). “Tanggal pendakian baru yang akan dipilih dapat dilakukan sejak tanggal awal pembukaan hingga 31 Desember 2020,” jelas TNBTS.

Dikatakan juga bahwa untuk penggantian tanggal harus sesuai dengan lama durasi yang telah dijadwalkan dan nominal pembayaran yang sama serta tanggal yang telah ditetapkan untuk dibuka.

Pihak TNBTS pun membuka pelaporan penggantian jadwal yang bisa dikirim melalui nomor Whatsapp 0812-4956-0045, atau melalui direct message (DM) di akun resmi instagram TNBTS (@tnbromotenggersemeru) atau juga bisa melalui surat elektronik (surel) di alamat: bookingonline.tnbts@gmail.com atau juga bisa menghubungi nomor telepon 0341 – 491828.

Adapun lampiran untuk melakukan pelaporan penggantian jadwal itu dengan format sebagai berikut:

Kode Booking:
Nama Ketua:
Tanggal Keberangkatan Lama (PP):
Tanggal Keberangkatan Baru (PP):

“Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Atas perhatiannya diucapkan terima kasih,” tutup TNBTS dalam pengumumannya, Kamis, 26 September 2019. (MC/PC)