Tiga Ekor Gajah Sumatera Tertangkap Kamera Trap

Tangkapan layar penampakan tiga ekor Gajah Sumatera (dok. TNKS)

Mounture.com — Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) berhasil merekam aktivitas tiga ekor Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) yang terdiri dari dua individu anakan, dan satu individu dewasa di salah satu lokasi di kawasan TNKS.

Momen penampakan ketiga ekor Gajah Sumatera tersebut terekam melalui kamera trap yang dipasang oleh Unit Gajah Balai Besar TNKS Kerjasama dengan FFI- Indonesia Programme. Pada video tersebut ketiga ekor Gajah Sumatera itu terlihat sedang mencari makan di tengah belantara hutan di wilayah Kerinci.

“Temuan ini merupakan momen yang sangat menggembirakan dan jarang ditemui, mengingat Gajah Sumatera seringkali hanya ditemukan pada Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat wilayah Bengkulu yang merupakan habitat Gajah Sumatera,” tulis akun instagram resmi TNKS (@bbtn_kerinciseblat).

Lebih lanjut dijelaskan, pada umumnya kawasan TN Kerinci Seblat merupakan kawasan dengan topografi rangkaian bukit barisan mulai dari Aceh hingga Lampung. “Hal ini menjelaskan bahwa pada wilayah topografi perbukitan yang tinggi masih ditemukan Gajah Sumatera,” tulis akun tersebut.

Gajah Sumatera merupakan fauna yang termasuk ke dalam daftar IUCN Red List yaitu Critically Endangered atau terancam punah dan Satwa dilindungi berdasarkan Permen LHK Nomor 106 Tahun 2018 tentang Jenis tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi.

“Mari kita jaga bersama habitat dan rumah satwa-satwa dilindungi ini untuk generasi sekarang dan akan datang. Jaga alam, alam akan jaga kita,” tutup @bbtn_kerinciseblat. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.