Penemuan Elang Jawa di Gunung Ciremai, Ini Penampakannya

Penampakan Elang Jawa di Gunung Ciremai (dok. TNGC)

Mounture.com — Petugas Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) berhasil menemukan seekor Elang Jawa (Elja) atau ‘Nisaetus bartelsi‘ di satu sudut barat Gunung Ciremai, Majalengka, Jawa Barat.

Penemuan Elang Jawa ini tergolong istimewa. Sebab, keberadaan Elja ditemukan bukan hanya saat terbang saja, melainkan juga temuan sarang Elja yang lengkap dengan seekor anaknya.

“Kami beri nama Si Kopid. Karena ia ditemukan oleh Mang Raya saat pandemi Covid 19. Dan kami akan pantau rutin Si Kopid,” kata Hendra Purnama, petugas PEH seperti dikutip dari laman Taman Nasional Gunung Ciremai, baru-baru ini.

Pada Selasa, 7 Juli 2020 kemarin, petugas PEH yang tergabung dalam tim monitoring Elja melakukan ‘pengintaian’ perilaku satwa Si Kopid di sarangnya. Adapun monitoring satwa liar itu bersifat rahasia, terutama yang berkaitan dengan lokasi penemuan satwa. Selain itu dalam pelaksanaan tugas pun, petugas PEH wajib menyamar dengan mengenakan pakaian ‘kamuflase’.

Salah satu petugas PEH, Iwan Sunandi, menuturkan bahwa dari pantauan layar kamera, Si Kopid tampak tumbuh sehat. Dia pun menambahkan saat ini Si Kopid berusia tujuh mingguan dan masih dalam asuhan induk Sang Garuda itu.

“Memang masih diasuh induknya untuk belajar terbang,” tutur Iwan.

Menurut hasil pantauannya, Si Kopid sudah mulai bisa terbang dengan radius 20 meteran. “Dalam beberapa minggu ke depan, ia pasti sudah lihai bermanuver terbang,” tutupnya. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.