0

Libur Lebaran, TNBTS Dikunjungi 35.164 Wisatawan

(Mounture.com) — Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) mencatat selama masa libur Hari Raya Idulfitri 1440 H atau lebaran, kawasan TNBTS dikunjungi sebanyak 35.164 orang wisatawan baik wisatawan nusantara ataupun wisatawan mancanegara.

Rinciannya, sebanyak 34.845 orang berasal dari wisatawan nusantara, sementara 319 orang dari wisatawan mancanegara. Dari catatan jumlah pengunjung tersebut, TNBTS berhasil meraih Penghasilan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar Rp1.425.089.000 selama masa libur lebaran 2019.

Adapun untuk kawasan wisata Bromo dipadati pengunjung pada hari H+3 setelah lebaran sebanyak 8.004 orang, sedangkan pada hari H lebaran dipadati sampai 2.234 orang pengunjung.

Mesti libur lebaran telah usai, namun TNBTS menyebutkan bahwa hingga saat ini kawasannya masih terus dipadati oleh pengunjung dan kemungkinan perolehan PNBP akan meningkat terus, seiring dengan masa liburan sekolah saat ini.

Tatag Hari Rudhata, Kepala SPTN Wil.II, mengungkapkan bahwa dalam rangka mengantisipasi kepadatan pengunjung di TNBTS, pihaknya selaku pengelola TNBTS telah menyiapkan sejumlah personil untuk pengamanan pengunjung guna memberikan pelayanan kenyamanan dan keamanan terhadap pengunjung wisata TNBTS.

“Selain personil TNBTS, pelayanan dan pengamanan pengunjung dibantu oleh personil Polri, TNI, relawan dan mitra setempat, serta dukungan tenaga medis dari Puskesmas terdekat,” ujarnya dalam keterangan resmi di Lumajang, Jawa Timur, Selasa (18/6). (MC/AI)