0

Kembali Dibuka, Daftar Pendakian Gunung Arjuno – Welirang Harus Online

  • 6 November 2019 00:13

(Mounture.com) — Dinas Kehutanan Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui UPT Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo mengumumkan kembali membuka jalur pendakian Gunung Arjuno Welirang pada 4 November 2019.

Pembukaan jalur pendakian tersebut berdasarkan surat edaran bernomor 522/901/123.7/2019 yang ditandatangani oleh Kepala UPT Tahura Raden Soerjo Ahmad Wahyudi tertanggal 1 November 2019.

Namun ada yang berbeda pada pengumuman kali ini, di mana UPT Tahura Raden Soerjo mengharuskan para calon pendaki untuk melakukan pendaftaran secara dalam jaringan(daring) atau online untuk bisa melakukan pendakian ke Gunung Arjuno Welirang.

Dalam surat edaran tersebut dijelaskan bahwa sehubungan dengan telah dibukanya ijin pendakian Gunung Arjuno Welirang terhitung mulai tanggal 4 November 2019, maka kepada para calon pendaki diminta untuk melakukan registrasi secara online melalui website resmi di alamat URL: http://sipenerang.tahuraradensoerjo.or.id/.

“Pos pendakian tidak melayani pendaftaran langsung,” tulis surat edaran tersebut.

Adapun penerapan sistem pendaftaran secara online ini disebut untuk mempermudah calon pendaki. “Sistem pendaftaran online mulai kami terapkan untuk memudahkan pendaki. Mulai Senin akan diuji coba,” kata Kepala UPT Tahura R Soerjo, Ahmad Wahyudi seperti dikutip dari detik.com.

Masa uji coba sistem pendaftaran online ini sendiri akan berlangsung selama satu bulan. Selama November, calon pendaki masih bisa mendaftar secara offline. Selanjutnya sistem pendaftaran online akan diterapkan penuh.

“Pendaki bisa mendaftarkan diri di mana pun maksimal tiga hari sebelum pendakian,” terang Wahyudi.

Sebelum melakukan pendakian, calon pendaki harus melakukan pendaftaran secara online dengan mengikuti alur pendaftaran yang bisa diikuti dari laman resmi Tahura R Soerjo. Kemudian, konfirmasi pendaftaran akan diterima pendaki melalui email.

Bukti konfirmasi melalui email dicetak dan dibawa saat masuk pintu pendakian. “Saat datang ke pos pendakian, pendaki tinggal menunjukkan bukti konfirmasi dan melakukan pembayaran tiket masuk,” terang Wahyudi. (MC/RL)

Foto: Instagram @tulussusanto1