Kegiatan Pendakian Gunung Tambora Kembali Dibuka

dok. Instagram/@mirham_mauluddin

Mounture.com — Balai Taman Nasional Tambora (BTNT) kembali membuka kegiatan pendakian Gunung Tambora mulai 5 April 2022 kemarin. Pembukaan semua jalur pendakian Gunung Tambora itu berdasarkan surat edaran bernomor PG.7/T.41/KPA/4/2022.

Dalam surat edaran itu, dijelaskan bahwa pembukaan kegiatan pendakian Gunung Tambora berdasarkan hasil pemantauan kondisi cuaca di lapangan dan berdasarkan data dan informasi dari BMKG yang menyatakan bahwa cuaca di wilayah Bima dan Dompu diperkirakan semakin membaik.

“Terhitung mulai 5 April 2022, seluruh jalur pendakian resmi di Taman Nasional Tambora dibuka kembali untuk aktivitas pendakian dan sejenisnya,” tulis surat edaran TN Tambora.

Baca juga: Menuju ke Desa Pancasila ala Backpacker

Sementara pada poin selanjutnya disebutkan bahwa setiap pendaki atau wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Tambora dalam keadaan sehat dan wajib mematuhi Protokol Kesehatan.

Selain itu, aktivitas pendakian dan berkemah tidak boleh lebih dari 3 day 2 nights (tiga hari dua malam) dengan kuota pendaki hanya 30 persen dari daya dukung daya tampung wisata TN Tambora.

Tak hanya itu, pendaki atau wisatawan diharapkan menjaga kebersihan kawasan, ketertiban, keamanan dan kenyamanan pengunjung serta kelestarian kawasan dengan tidak menebang pohon/ranting, vandalisme, dan atau aktivitas lain yang mengganggu ekosistem kawasan TN Tambora.

Kemudian, melaporkan kepada petugas dan melakukan registrasi di setiap pintu masuk pendakian serta membayar tiket masuk kawasan TN Tambora sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pemerintah. (MC/RIL)