Kegiatan Pendakian Gunung Merbabu Kembali Ditutup

Tugu Puncak Trianggulasi di Gunung Merbabu (dok. TNGMb)

Mounture.com — Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMb) kembali melakukan penutupan jalur pendakian mulai Selasa, 29 Juni 2021 hingga batas waktu yang belum ditentukan. Adapun penutupan kembali kegiatan pendakian tersebut terkait diberlakukannya Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro.

Dalam surat edaran bernomor PG. 06/T.35/TU/EVLAP/06/2021 yang ditandatangani oleh Kepala Balai Junita Parjanti pada 29 Juni 2021, dijelaskan bahwa penutupan kegiatan pendakian Gunung Merbabu dilakukan menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Magelang Nomor : 443.5/1729/01.01/2021 tanggal 22 Juni 2021 tentang PPKM berbasis Mikro Untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Magelang.

Selain itu, penutupan kegiatan tersebut juga menindaklanjuti Surat Edaran Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Nomor : 440.1/1926/01.01/2021 tanggal 28 Juni 2021 tentang Pelaksanaan Gerakan Eling lan Ngelingke (Ingat dan Saling Mengingatkan) untuk Pengendalian Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Terdapat dua poin dalam surat edaran yang dikeluarkan TNGMb, diantaranya:

1. Memperhatikan perkembangan epidemiologi Kabupaten Magelang, maka obyek wisata pendakian Suwanting dan Wekas, serta obyek wisata alam Top Selfie dan Grenden ditutup mulai tanggal 29 Juni 2021.

2. Obyek wisata alam Taman Nasional Gunung Merbabu di wilayah Kabupaten Magelang akan dibuka kembali sampai dengan adanya perbaikan status pada risiko epidemiologi.

“Demi keselamatan pendaki dan local host serta untuk mencegah persebaran Covid-19, maka jalur pendakian TN Gunung Merbabu ditutup sampai membaiknya status. Terkait dengan hal tersebut, maka bagi #SobatMerbabu yang sudah mendapatkan kode booking sampai dengan bulan Juli tidak dapat digunakan,” tulis akun instagram resmi TN Gunung Merbabu (@btn_gn_merbabu).

“Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Ini semua demi kebaikan bersama ya sobat,” tambah akun tersebut.

Sebelumnya, TNGMb telah melakukan pembukaan kegiatan pendakian di dua jalur pendakian, yaitu Suwanting dan Wekas pada 14 Juni 2021 kemarin. Sementara jalur-jalur lainnya masih ditutup karena masuk ke dalam zona merah penyebaran Covid-19. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.