Tips Penting untuk Kenyamanan selama Pendakian

Ilustrasi (dok. Mounture.com/Rangga)

Mounture.com — Melakukan kegiatan pendakian pastinya akan banyak menguras tenaga serta mental juga. Oleh karenanya, pendaki harus bisa mengatur ritme perjalanannya agar pendakian bisa berjalan dengan nyaman tanpa hambatan apapun.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tips penting untuk kenyamanan selama pendakian.

1. Saat beristirahat dalam perjalanan, pendaki disarankan untuk duduk dengan kaki lurus ke depan. Gunanya agar aliran darah lancar, di mana sebelumnya hanya terpusat di kaki saja.

2. Ketika beristirahat, pendaki disarankan untuk beristirahat di tempat yang tidak terlalu berangin. Sebab, angin berpotensi membuat otot menjadi kencang. Selain itu, sebisa mungkin saat beristirahat, pendaki tidak berada di trek, agar tidak mengganggu aktivitas pendaki lainnya yang mau lewat.

3. Saat haus melanda, pendaki disarankan untuk meminum secukupnya. Gunanya agar tubuh tidak lemas, akibat meminum terlalu banyak. Tak hanya itu, pendaki juga disarankan mengkonsumsi minuman berenergi, dan memakan sedikit makanan ringan saat perjalanan untuk mempercepat pemulihan tenaga.

4. Jangan mengkonsumsi minuman beralkohol untuk menghangatkan tubuh. Sebab, minuman beralkohol disebut akan membuat pembuluh darah dalam kulit menjadi mengembang dan memberi kesempatan udara dingin masuk ke dalam tubuh yang akan membuat tubuh menjadi lebih rentan terserang hipotermia.

5. Pastikan saat beristirahat dalam perjalanan tidak terlalu lama, sebab otot-otot yang sudah memanas, akan menjadi kendur karena kelamaan beristirahat, serta bisa membuat tubuh terserang hipotermia akibat kedinginan. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.