0

Kegiatan Pendakian Gunung Lawu Kembali Dibuka

dok. Instagram/@arif__de

Mounture.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar melakukan uji coba pembukaan jalur pendakian Gunung Lawu mulai Minggu, 22 Agustus 2021 kemarin. Adapun jalur pendakian yang dibuka kembali diantaranya Candi Cetho dan Cemoro Kandang.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Titis Sri Jawoto, mengungkapkan bahwa uji coba pembukaan jalur pendakian Gunung Lawu tergantung dari kesiapan petugas di lapangan dalam hal basecamp pendakian.

“Uji coba pembukaan jalur pendakian Gunung Lawu tetap menerapkan pembatasan kapasitas jumlah pendaki 25 persen dan protokol kesehatan,” katanya.

Ia mengatakan, para pendaki yang hendak melakukan pendakian diimbau supaya membawa perlengkapan protokol kesehatan seperti masker dan hand sanitizer. Serta menjaga jarak dan kapasitas orang di dalam tenda. “Setiap jalur pendakian dibatasi 300 orang per harinya,” ucapnya.

Menurutnya, uji coba pembukaan jalur pendakian di tengah pandemi dinilai tidak terlalu riskan karena alam terbuka. “Gunung kan sebenarnya tidak terlalu riskan,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Gunung Lawu memiliki beberapa jalur pendakian, antara lain Candi Cetho dan Cemoro Kandang masuk ke dalam wilayah Jawa Tengah, sedangkan Cemoro Sewu dan Singolangu masuk ke wilayah Jawa Timur. (MC/PC)