0

Jalur Pendakian Gunung Sumbing via Garung Dibuka 1 Agustus 2020

  • 25 Juli 2020 07:01

Gunung Sumbing (dok. Wikipedia/Denysya Farid)

Mounture.com — Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Mugi Lestari dan Stick Pala, selaku pengelola jalur pendakian Gunung Sumbing via Garung, mengumumkan akan membuka kembali jalur pendakian pada Sabtu, 1 Agustus 2020 mendatang.

“Mulai hari Sabtu tanggal 1 Agustus 2020 pendakian Gunung Sumbing via Garung resmi dibuka untuk pendakian uji coba di masa New Normal dengan kuota 250 pendaki per hari, dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh dinas kesehatan setempat,” tulis surat edaran dari LMDH Mugi Lestari, Jumat, 24 Juli 2020.

Adapun untuk pendaki yang berminat untuk melakukan pendakian ke Gunung Sumbing via Garung disebut harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola untuk protokol kesehatan, diantaranya wajib menyertakan surat keterangan sehat dari dinas kesehatan/rumah sakit/puskesmas/klinik kesehatan atau pihak yang direkomendasikan dari daerah asal maksimal 3 hari setelah surat dikeluarkan.

Selanjutnya, usia pendaki minimal 17 tahun dengan membawa kartu identitas yang masih berlaku, seperti KTP, SIM, Paspor, Visa dan atau surat keterangan domisili. Kemudian, pendaki diharuskan membawa masker minimal 4 buah (setiap masker digunakan maksimal 4 jam), setiap pendaki harus membawa hand sanitizier, peralatan makan dan minum masing-masing.

Lalu, penggunaan tenda 50 persen dari kapasitas tenda, selalu menggunakan masker selama berada di area publik ataupun saat berinteraksi dengan orang lain, jaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizier, meminimalisir barang bawaan dari tempat asal.

Tetap memperhatikan jaga jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain, dan tidak berkerumun saat berada di basecamp, jalur pendakian, tempat camp, dan di kawasan puncak. Adapun jam operasional basecamp/registrasi pendakian mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB dan pengambilan kartu identitas maksimal pukul 22.00 WIB.

Kuota pendakian per hari maksimal 250 orang (booking kuota via whatsapp di nomor 0852-2649-2745). Sementara aturan atau ketentuan terdahulu tetap berlaku. (MC/RIL)