0

Sebelum Mendaki Gunung, Lakukan Olahraga Ini

  • 26 Juli 2020 07:04

dok. Eiger Adventure

Mounture.com — Melakukan kegiatan pendakian ke gunung merupakan suatu aktivitas yang bakal menguras fisik, maupun mental. Untuk itu, sebelum melakukan kegiatan di alam bebas itu disarankan untuk mempersiapkan segala hal, mulai dari peralatan hingga fisik.

Sebelum melakukan pendakian ke gunung, kita sebaiknya melakukan beberapa pemanasan untuk menghadapi medan di perjalanan nanti agar fisik serta mental lebih siap menghadapinya, salah satunya dengan berolahraga. Nah, berikut ini beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan sebelum melakukan pendakian.

1. Lari

Kegiatan lari adalah salah satu olahraga yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Lari bisa melatih pernafasan, kekuatan fisik dan juga meningkatkan stamina. Jadi sebelum mendaki gunung, sebaiknya kita melakukan rutinitas lari paling tidak 2 minggu sebelum mendaki.

2. Bersepeda

Belakangan ini kegiatan bersepeda sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Adapun bersepeda menjadi salah satu alternatif untuk berolahraga ringan sebelum melakukan pendakian. Pilihlah jalur saat bersepeda dengan kontur yang menanjak, agar stamina bisa meningkat dan juga melatih pernapasan kalian.

3. Berenang

Dengan berenang, maka kalian tidak hanya melatih stamina, ataupun kekuatan otot tetapi juga melatih pernapasan. Alasannya, ketika melakukan pendakian kalian tidak mudah ngos-ngosan. Lakukan olahraga berenang setidaknya 2 kali dalam seminggu.

4. Jalan

Sama hal dengan berlari, berjalan kaki juga bisa membuat stamina kalian menjadi lebih meningkat. Lakukanlah secara rutin berjalan kaki setidaknya selama 2 minggu berturut-turut sebelum melakukan pendakian ke gunung. (MC/PC)