0

Ini Langkah Penanganan Pendaki yang Terjatuh di Puncak Gunung Rinjani

  • 19 Agustus 2022 18:16

(Foto: Facebook TNGR Sptn II)

Mounture.com — Seorang pendaki asal Israel mengalami insiden terjatuh di Gunung Rinjani pada Jumat, 19 Agustus 2022. Pendaki berkebangsaan Portugis itu terjatuh sekitar pukul 05.30 WITA.

Berdasarkan keterangan resmi Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) dijelaskan bahwa pendaki bernama Boaz Bar Anan tersebut mendaki gunung bersama dengan trekking organize (TO) atas nama Rudy Trekker.

“Posisi korban jatuh berada pada lereng bagian barat laut atau arah danau Segara Anak, jarak korban jatuh sekitar 150 meter dan korban diperkirakan meninggal dunia,” tulis TN Gunung Rinjani.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa korban yang teregistrasi mendaki melalui pintu masuk Sembalun pada 18 Agustus 2022 itu, berdasarkan keterangan dari TO dan Guide menyatakan bahwa korban pada saat sebelum jatuh melakukan foto selfie yang berada di tepi jurang puncak Rinjani.

Saat ini, tim satgas penanganan pencarian, pertolongan dan evakuasi (P2E) TNGR telah berkomunikasi dengan Unit SAR Lombok Timur, dan SAR Mataram serta Tim Edelweis Medical Health Center (EMHC) dan tim Inafis Polres Lombok Timur.

“Pada pukul 10.15 WITA tim EMHC dan Tim Resort TNGR Sembalun melakukan persiapan evakuasi (peralatan dan tim) sebagai tim pendahuluan. Tim SAR akan bergabung hari ini dengan tim TNGR dan tim EMHC di Kantor Resort TNGR Sembalun,” tulis keterangan TNGR.

“Posko evakuasi sementara di Kantor Resort TNGR Sembalun,” jelas TNGR. (MC/RIL)