Gunung Semeru Resmi Dibuka, TNBTS Gelar Upacara Adat

dok. TNBTS

Mounture.com — Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) resmi membuka kembali kegiatan pendakian Gunung Semeru pada 1 April 2021 kemarin. Adapun peresmian pembukaan jalur pendakian itu dilakukan dilakukan di Resort Wilayah Ranupani, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur dengan menggelar upacara adat.

Pada acara itu, pembukaan kegiatan pendakian diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh pemangku adat Desa Ranupani. Acara adat tersebut dilaksanakan agar pendakian Gunung Semeru selalu mendapat perlindungan Tuhan Yang Maha Esa berupa keselamatan dijauhkan dari mara bahaya dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Ranu Pani.

Peresmian pembukaan kegiatan pendakian itu sendiri ditandai dengan pemotongan pita oleh Kepala Seksi PTN Wilayah III.

Pembukaan Kegiatan Pendakian Gunung Semeru (dok. TNBTS)

Mengutip akun resmi instagram TNBTS (@bbtnbromotenggersemeru), dikatakan bahwa kepada seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga kawasan sekitar Gunung Semeru agar tetap aman, selalu siaga dan menjunjung tinggi semangat Zero Waste and Zero Accident.

“Kami juga mengajak kepada calon pendaki agar selalu mentaati semua peraturan yang sudah ditetapkan oleh pihak TNBTS baik peraturan pendakian itu sendiri maupun protokol kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru. Tak lupa pula agar sahabat mempersiapkan fisik dan mental terlebih dahulu serta membawa peralatan dan perlengkapan yang memadai,” tulis akun itu. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.