Gunung Lawu via Cemoro Sewu Kembali Dibuka, Dilarang Solo Hiking

  • 3 November 2022 10:32

dok. Instagram/@candurindu_

Mounture.com — Usai melakukan operasi search and rescue (SAR) pendaki hilang, akhirnya jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu di Kabupaten Magetan, Jawa Timur kembali dibuka sejak Selasa, 1 November 2022.

Hal itu berdasarkan postingan akun instagram Paguyuban Giri Lawu (PGL) yang mengungkapkan bahwa jalur pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu sudah kembali dibuka pascaoperasi SAR dan cuaca yang mendukung.

“Jalur pendakian Lawu via Cemoro Sewu dibuka kembali mulai Senin, 1 November 2022. Dilarang Solo Hiking (minimal dua orang), Peralatan Safety, Dilarang Lintas Jalur,” tulis akun instagram PGL (@pgl_cemorosewu).

BACA JUGA: Seekor Macan Tutul Terekam Kamera Trap di Gunung Lawu

Operasi pencarian pendaki asal Kediri, Jawa Timur, Ali Rahmatulloh, 48, yang hilang di puncak Gunung Lawu resmi ditutup pada Senin (31/10/2022). Tim gabungan berbagai instansi dan sukarelawan menghentikan pencarian tersebut.

Sebelumnya, operasi pencarian pendaki asal Kediri, Jawa Timur, Ali Rahmatulloh (48) yang hilang di puncak Gunung Lawu resmi ditutup pada Senin, 31 Oktober 2022. Tim gabungan berbagai instansi dan sukarelawan menghentikan pencarian tersebut.

BACA JUGA: Sekilas Tentang Jalur Pendakian Gunung Lawu via Cemoro Sewu

Adapun operasi pencarian dihentikan mengacu pada batas waktu standar operasional selama tujuh hari pencarian. Selain itu, penutupan operasi SAR tersebut juga mempertimbangkan kondisi cuaca yang ekstrim di kawasan puncak Lawu. Sehingga pencarian dihentikan dan pendaki Ali Rahmatulloh dinyatakan hilang di puncak Lawu.

Kendati demikian, pencarian pendaki hilang tersebut masih dilakukan secara mandiri oleh Perhutani dan relawan dari PGL. (MC/RIL)