0

5 Gunung di Indonesia dengan Status Siaga

Luncuran awan panas guguran Gunung Semeru pada 1 Mei 2022 (Foto: dok. Instagram/
@cakyo_saversemeru)

Mounture.com — Peningkatan aktivitas vulkanik gunungapi yang ada di Indonesia setiap saat seringkali berubah-ubah. Hal itu perlu diwaspadai, sebab tanpa diprediksi gunungapi itu secara seketika bisa berubah statusnya.

Dikutip dari laman Magma Indonesia, tingkat aktivitas vulkanik terbagi dalam empat level, yakni normal, waspada, siaga dan awas. Adapun untuk level I (normal) menandakan hasil pengamatan visual dan instrumental fluktuatif, tetapi tidak memperlihatkan peningkatan aktivitas yang signifikan.

 Baca juga: Ini 47 Gunung di Indonesia Berstatus Normal

Sementara level II (waspada) merupakan hasil pengamatan visual dan instrumental mulai memperlihatkan peningkatan aktivitas. Pada beberapa gunung api dapat terjadi erupsi. Kemudian level III (siaga) hasil pengamatan visual dan instrumental memperlihatkan peningkatan aktivitas yang semakin nyata atau gunung api mengalami erupsi.

Sedangkan level IV (awas) merupakan hasil pengamatan visual dan instrumental teramati mengalami peningkatan aktivitas yang semakin nyata atau gunungapi mengalami erupsi.

Berikut ini lima gunung di Indonesia yang masuk ke level III atau Siaga.

1. Gunung Anak Krakatau (GAK)- Lampung

2. Gunung Ili Lewotolok – Nusa Tenggara Timur (NTT)

3. Gunung Merapi – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah

4. Gunung Semeru – Jawa Timur

5. Gunung Sinabung – Sumatera Utara. (MC/LS)