Tips Biar Daya Tahan Tubuh Terjaga saat Pendakian ke Gunung

(Mounture.com) — Melakukan kegiatan di alam bebas, khususnya mendaki gunung merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan. Saat mendaki gunung kalian bisa menikmati pesona alam yang indah dan juga udara yang segar serta lepas dari hiruk pikuk kota.

Kendati demikian, kegiatan mendaki gunung ini juga membutuhkan persiapan baik dari segi fisik maupun mental. Untuk mendukung kegiatan pendakian kalian, sangat dibutuhkan daya tahan tubuh yang prima agar bisa sampai ke tujuan.

Berikut ini tips agar daya tahan tubuh kalian tetap terjaga saat mendaki gunung, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Melakukan pemanasan sebelum mendaki gunung,

Selain persiapan fisik seperti olahraga beberapa minggu sebelum pendakian, kalian juga disarankan untuk melakukan pemanasan atau peregangan otot-otot agar tidak kaku saat akan mulai mendaki gunung.

2. Minum air secukupnya,

Saat melakukan pendakian, tubuh melakukan aktivitas fisik yang cukup menguras tenaga dan membutuhkan asupan cairan yang cukup. Untuk mengurangi dehidrasi, kalian sangat diwajibkan untuk minum air mineral dengan cukup tapi tidak berlebihan.

3. Jangan terburu-buru,

Saat melakukan trekking, biasakan untuk berjalan dengan santai agar stamina tubuh tetap terjaga sekaligus kalian bisa menikmati momen perjalanan. Sangat dianjurkan untuk memperhatikan kondisi tubuh, jika merasa lelah maka segeralah beristirahat dengan meluruskan kaki, kemudian duduk.

Tapi perlu diingat jangan beristirahat terlalu lama saat trekking, yang akan membuat badan kalian menjadi dingin dan bisa membuat kalian drop.

4. Makanan sehat,

Ketika melakukan pendakian, kalian harus tetap mengkonsumsi makanan sehat yang penuh dengan nutrisi, dan jika perlu kalian juga bisa mengkonsumsi multivitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

5. Gunakan pakaian yang nyaman,

Usahakan untuk mengenakan baju yang menyerap keringat, ringan dan mampu melindungi kalian dari terpaan sinar matahari atau binatang. Siapkan juga jaket dan jas hujan untuk berjaga-jaga saat udara mulai dingin atau turun hujan. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.