0

Simak! Ini Tips Mudik Biar Aman dan Nyaman di Perjalanan

(Mounture.com) — Perjalanan mudik Lebaran membutuhkan waktu tempuh yang tidak sebentar. Pasalnya, akan ada potensi terkena macet di beberapa simpul kemacetan. Selain itu, sebagian dari pemudik pun tetap berpuasa ketika mengemudi, butuh kiat khusus agar perjalanan mudik dapat berjalan dengan lancar, aman, nyaman, dan selamat sampai tujuan.

Berikut ini tips ringan yang bisa dilakukan ketika mudik menggunakan mobil seperti dilansir dari Auto2000.

1. Istirahat yang cukup.

Berkendara jarak jauh seperti mudik membutuhkan kondisi fisik yang prima. Usahakan agar bisa tidur nyenyak minimal 6 jam sebelum mudik supaya tubuh bugar. Jangan paksakan mengemudi jika dirasa badan belum fit karena akan membahayakan, seperti terkena serangan microsleep.

Di jalan, sebaiknya beristirahat setiap 2 jam sekali dan upayakan untuk tidur selama sekitar 30 menit di 2 jam kedua. Kalau mengemudi melewati waktu 6 jam, usahakan agar ada sopir pengganti untuk mengurangi keletihan.

2. Safety driving.

Selalu ingat bahwa Anda sedang berkendara bersama seluruh anggota keluarga. Gunakan kaidah mengemudi yang sesuai dengan aturan safety driving, kendalikan emosi dan jangan melakukan tindakan yang membahayakan dan merugikan diri sendiri dan pengguna jalan lain. Jangan terpancing emosi bila ada pengguna jalan berlaku tidak pantas.

Jangan melakukan manuver berbahaya, menyerobot antrian, menyalip lewat bahu jalan, berjalan pelan di jalur kanan, mengemudi secara agresif, tidak mematuhi rambu lalu lintas dan arahan petugas polisi, bahkan hingga melaju di arah berlawanan.

3. Rencanakan waktu perjalanan.

Mengandalkan peta digital, kalian bisa memperhitungkan rute yang paling nyaman dan waktu perjalanan yang paling tepat, termasuk jalur alternatif kalau rute utama terjadi kemacetan panjang. Jalur pantai selatan Jawa yang mulus dan penuh panorama pantai yang indah layak dicoba bila Anda mau ganti suasana dari Tol Trans Jawa yang monoton.

4. Simpan kontak darurat.

Bagi pelanggan Auto2000, Anda akan mendapatkan dukungan layanan Emergency Road Assistance (ERA) dari AstraWorld jika mengalami masalah di jalan. Anda bisa menyimpan kontak ERA dengan mengunduh aplikasi Auto2000 Mobile dan memanfaatkan menu Emergency saat membutuhkan. Anda juga bisa mencari lokasi bengkel resmi Auto2000 di aplikasi tersebut, termasuk, menyimpan kontak darurat dari asuransi yang dipakai.

5. Cek asuransi.

Sebelum berangkat, cek kembali polis asuransi mobil Anda, pastikan masa berlakunya belum habis saat mudik. Periksa kembali bentuk pertanggungan apa saja yang diganti. Kalau ragu, silakan bertanya ke call center asuransi tersebut.

6. Bikin suasana kabin nyaman.

Perjalanan mudik lebaran harus berjalan menyenangkan bagi seluruh anggota keluarga. Anda bisa mengatur peletakan barang agar tidak mengganggu ruang gerak penumpang. Atur pula kapasitas penumpang agar tidak melebihi ketentuan.

Bawa makanan dan minuman yang memadai, terutama jika Anda membawa anak dan lansia. Siapkan sarana hiburan untuk segala usia, seperti playlist lagu top 40 atau film yang cocok untuk seluruh anggota keluarga. Saat kabin terasa nyaman, perjalanan mudik yang panjang tidak akan terasa melelahkan.

7. Perhitungkan bahan bakar dan saldo e-toll.

Bahan bakar yang selalu terisi penuh dan saldo e-toll cukup merupakan salah satu syarat agar Anda dapat berkendara nyaman di jalan tol, khususnya Tol Trans Jawa. Sebaiknya isi penuh bensin sebelum masuk tol dan jangan mengandalkan pom bensin di rest area kecuali terpaksa. Siapkan 2 kartu e-toll, isi dengan saldo yang cukup, dan letakkan di tempat yang mudah diraih. (MC/DC)