Perlengkapan Wajib yang Harus Digunakan saat ke Puncak Gunung

Perjalanan menuju puncak gunung (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Mendaki gunung dengan ketinggian di atas 2.500 meter di atas permukaan laut (mdpl) pastinya memiliki tantangan tersendiri, terlebih saat akan menuju ke puncaknya atau biasa disebut summit.

Biasanya pendaki akan melakukan perjalanan ke puncak gunung saat dini hari atau tengah malam demi bisa mencapai puncak saat matahari terbit. Selain itu, alasan melakukan perjalanan ke puncak saat malam hari dikatakan sebagai waktu yang tepat agar terhindar dari terik matahari, serta angin yang berhembus membawa bau belerang yang berbahaya.

Sebelum melakukan perjalanan ke puncak gunung, pendaki diharuskan mempersiapkan segalanya dengan matang. Sebab, perjalanan menuju ke puncak gunung terbilang lebih berisiko dan memiliki banyak rintangan.

Nah, berikut ini beberapa perlengkapan yang wajib digunakan saat akan mendaki ke puncak gunung atau summit.

1. Jaket

Saat akan menuju ke puncak, sudah pasti cuaca akan dingin dan untuk meminimalisir suhu tubuh menurun, pendaki bisa menggunakan jaket. Jaket yang disarankan untuk digunakan adalah jaket yang windproof atau tahan angin.

2. Sarung tangan

Selain jaket, sarung tangan menjadi perlengkapan yang wajib digunakan. Gunanya akan terhindar dari angin dingin yang menerpa tangan yang berakibat menjadi kedinginan dan bisa berpotensi terkena hipotermia. Selain itu, sarung tangan juga bisa mencegah pendaki terluka akibat memegang sesuatu benda saat dalam perjalanan.

3. Kaos kaki tebal

Kaos kaki tebal juga memiliki fungsi yang sama dengan jaket, dan sarung tangan agar tubuh tidak kedinginan.

4. Gaiters

Perlengkapan ini dibutuhkan ketika kontur jalur pendakian ke puncak gunung berpasir. Guna dari gaiters ini bisa meminimalisir masuknya pasir kedalam sepatu yang bisa membuat kaki menjadi tidak nyaman saat melangkah.

5. Kupluk

Sama halnya dengan jaket, sarung tangan dan kaos kaki, kupluk juga berfungsi untuk mencegah paparan angin dingin ke kepala. Disarankan menggunakan kupluk hingga menutupi daun telinga, jadi setelah menggunakan jaket, sarung tangan, dan kaos kaki, maka tubuh bisa lebih hangat.

6. Trekking pole

Meski tidak semua pendaki menyukai menggunakan benda ini, tetapi trekking pole memiliki banyak manfaat saat menuju ke puncak gunung. Di mana benda ini bisa membuat kaki menjadi lebih rileks saat melangkah di medan yang berat. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.