Pentingnya Mempersiapkan Perlengkapan Pribadi

Ilustrasi pendaki gunung (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Saat akan melakukan kegiatan di alam bebas, seperti mendaki gunung seringkali beberapa orang melupakan mengenai persiapan dalam hal membawa perlengkapan pribadi. Terkadang orang menganggap kegiatan di luar ruang (outdoor) tidak mementingkan mengenai perlengkapan pribadi.

Padahal perlengkapan pribadi juga memiliki peran yang cukup penting, seperti untuk keselamatan, hingga keamanan selama kegiatan berlangsung. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan terkait perlengkapan pribadi saat akan berkegiatan di alam bebas atau naik gunung.

1. Jenis kegiatan

Sebelum benar-benar melakukan kegiatan di alam bebas, maka kalian perlu mengetahui jenis kegiatan yang akan dilakukan, seperti mendaki gunung atau hanya sekedar berkemah di sekitar wilayah pegunungan.

2. Perlengkapan wajib

Saat melakukan kegiatan di alam bebas, terutama mendaki gunung diperlukan perlengkapan wajib yang mesti dibawa pendaki. Gunanya adalah untuk meminimalisir risiko-risiko yang mungkin timbul. Adapun perlengkapan wajib, diantaranya alat masak, ransel, pakaian, hingga perlengkapan tidur.

3. Peralatan khusus

Mendaki gunung merupakan sebuah kegiatan yang tidak hanya membutuhkan pengalaman, tetapi juga peralatan yang khusus digunakan. Oleh karenanya mempersiapkan peralatan khusus pun menjadi hal yang penting, seperti peralatan untuk memanjat ketika mendaki ke gunung yang ekstrim, hingga peralatan keamanan lain untuk menunjang kelancaran pendakian.

4. Sistem packing

Agar mendaki gunung bisa nyaman dan aman serta tidak begitu melelahkan, sistem packing menjadi salah satu faktor penentunya. Oleh karenanya, pendaki harus paham mengenai sistem packing agar perjalanan pendakian bisa berjalan sukses. (MC/PC)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.