0

Lakukan 5 Hal ini Ketika Tersesat di Gunung

(Mounture.com) — Salah satu momok yang menakutkan bagi para pendaki adalah tersesat di gunung. Dalam beberapa kasus, 85 persen terjadinya tersesat di gunung terjadi pada saat pendaki jalan menuruni puncak gunung. Hal ini disebabkan karena sebagian pendaki lebih menggampangkan situasi itu, setelah sampai puncak biasanya mereka lupa untuk mempersiapkan diri untuk menuruninya.

Berikut ini beberapa langkah yang harus dilakukan ketika tersesat di gunung, seperti dikutip dari akun instagram @wild_ina.

1. Pastikan bahwa kita tersesat

Ingat-ingat kembali jalan yang kita lewati. Jika kita di jalan yang benar tapi kita berpikir tersesat, pasti kita akan mencari jalan lain yang akan membuat kita malah tersesat.

2. Duduk tenang

Carilah tempat yang aman untuk duduk. Hindari terpaan angin langsung, karena akan membuat kita kedinginan dan sulit untuk berpikir. Berusahalah untuk tetap tenang dan membuat rombongan kita tidak panik dan berpikir positif.

3. Lihatlah keadaan rombongan

Cek jumlah air dan logistik yang tersisa, dan lihatlah kondisi fisik rombongan kita. Berusahalah untuk hemat air, logistik dan waktu. Hindari ego.

4. Cari tahu lokasi kita berada

Lihatlah daerah sekitar. Carilah patokan arah yang mencolok, seperti puncak gunung, vegetasi, kota, pedesaan, perbukitan, lembah punggungan dan lain-lain. Gunakan alat navigasi kalian seperti kompas, peta dan lain-lain.

5. Kembali ke jalan yang benar atau jalan awal

Mulailah berjalan sebisa mungkin menuju arah jalan awal, sambil menandai jalan yang kita lewati dengan mematahkan dahan. Jangan menggunakan stringline (tali rapia yang diikat di ranting atau dahan pohon) karena berpotensi menyebabkan rombongan lain tersesat di lain waktu.

Jangan mengira-mengira jalur pendakian, kumpulkan informasi sebanyak mungkin, dan pertimbangkan dengan matang pemilihan jalur ketika menemukan percabangan. (MC/PC)