Kegunaan Flysheet saat Naik Gunung

Ilustrasi penggunaan flysheet (Mounture.com/DenChito)

Mounture.com — Melakukan pendakian ke gunung sudah pasti harus dilengkapi dengan berbagai macam peralatan untuk menunjang kegiatan di alam bebas itu. Gunanya agar pendaki bisa menjalankan aktivitas tersebut dengan lancar dan aman.

Adapun peralatan pendakian yang cukup penting untuk dibawa yaitu flysheet. Kain panjang berbentuk persegi panjang berbahan dasar nylon waterproof ini biasanya memiliki keunggulan berupa tahan terhadap air, berat yang ringan, dan mudah untuk dibawa.

Berikut ini beberapa kegunaan flysheet saat naik gunung yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pelapis tenda

Flysheet bisa dijadikan sebagai pelapis tenda jika terjadi hujan yang cukup lebat. Gunanya agar tenda lebih tahan terhadap terpaan air dari hujan yang lebat.

2. Penahan angin

Tidak hanya berfungsi untuk menahan air, flysheet juga bisa digunakan sebagai pelindung dari terpaan angin. Penggunaan flysheet ketika sedang ngecamp bisa membuat tenda lebih hangat, sebab terpaan angin yang berhembus di luar tenda bisa tertahan oleh flysheet tersebut.

3. Buat bikin dapur saat ngecamp

Biasanya pendaki akan melakukan masak memasak di luar tenda. Dengan adanya flysheet maka proses memasak pun bisa dilakukan di luar tenda dengan menggunakan flysheet yang dibentangkan, lalu menggunakan tiang sebagai pancang.

4. Buat bivak

Saat kondisi darurat, flysheet bisa jadi sebagai tempat istirahat sementara. Karena bahannya yang tahan air, dan mudah pengaplikasiannya maka flysheet menjadi peralatan yang penting dibawa.

5. Alas tenda

Flysheet juga bisa digunakan sebagai alas dari tenda. Dengan alasan kontur saat ngecamp yang berair, maka flysheet bisa dijadikan alas agar tenda tidak basah, dan tembus ke dalam. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.