Mengenal Desa Kanikeh, Jalur Pendakian Gunung Binaiya

Suasana Desa Kanikeh (dok. TN Manusela)

Mounture.com — Mungkin tidak banyak yang tahu dengan Desa Kanikeh. Desa ini letaknya berada di kawasan Taman Nasional Manusela, berada di pedalaman Pulau Seram, Maluku. Secara administrasi, desa ini berada di Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah.

Desa Kanikeh merupakan desa terakhir sebelum menuju ke Puncak Gunung Binaiya melalui jalur utara. Untuk menuju ke desa ini membutuhkan waktu selama 2-3 hari perjalanan yang hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki melewati sungai, bukit, dan hutan yang lebat.

Desa ini berada di tengah rimba Gunung Binaiya, yang mana kehidupan masyarakat di sana mayoritas berburu dan berladang. Di desa ini hanya ada satu sekolah dasar, dan satu gereja. Namun, masyarakat di desa ini menjunjung tinggi rasa gotong royong, dan memiliki semangat kebersamaan yang sangat kuat.

Dari desa ini, kalian bisa menikmati keindahan panorama alam Gunung Binaiya yang tampak jelas dari sisi selatan. Mirisnya, desa ini minim penerangan ketika malam, sebab desa ini belum terdapat akses listrik . Namun, masyarakat di desa ini masih bisa mengandalkan aliran listrik menggunakan genset, walau dengan keterbatasan alat.

Adapun Desa Kanikeh merupakan jalur pendakian Gunung Binaiya dari sisi utara. Uniknya, jika ingin melakukan pendakian ke Gunung Binaiya, maka pendaki harus melakukan upacara adat yang bertujuan agar para pendaki selalu diberikan keselamatan dan kelancaran selama melakukan pendakian ke gunung dengan ketinggian 3.027 meter di atas permukaan laut (mdpl) itu. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.