Ini Tips Pakaian Mendaki Gunung Untuk Hijabers

(Mounture.com) — Melakukan kegiatan pendakian ke gunung merupakan salah satu aktivitas yang tidak mudah. Pasalnya, mendaki gunung memerlukan berbagai persiapan yang matang sebelum melakoninya. Mulai dari persiapan fisik dan mental, hingga persiapan penunjang pendakian, seperti pakaian saat mendaki.

Adapun pakaian yang akan dipakai mendaki memang bisa dikatakan tidak spesifik, namun saat melakukan pendakian disarankan untuk menggunakan pakaian yang mudah menyerap keringat. Untuk itu diperlukan pakaian yang memang nyaman dipakai namun tetap stylish, terlebih bagi kaum wanita, khususnya pengguna jilbab atau hijabers.

Nah, berikut ini beberapa tips penggunaan pakaian untuk mendaki gunung yang bisa membuat nyaman dan juga stylish bagi kaum hijabers, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pilih baju yang mudah menyerap keringat

Untuk baju, selain penting untuk memadu padankan warna dengan kerudung, kaos berbahan katun menjadi pilihan paling pas, karena mudah menyerap keringat. Begitu pula yang bahannya dry fit seperti jersey.

2. Bawa kerudung instan

Tidak perlu repot dalam membawa banyak kerudung saat mendaki, yang malah akan membuat beban bertambah. Untuk itu penting bagi kalian untuk membawa model kerudung instan dan sebisa mungkin yang warnanya sesuai dengan baju atau celana.

3. Memakai flanel atau kaos ditambah manset

Kalian bisa menggunakan flanel ketika melakukan pendakian agar lebih hangat. Jikalau ingin memakai kaos lengan pendek, kalian bisa juga menambahkan dengan manset panjang agar tetap menutupi aurat.
ㅤㅤㅤㅤㅤ
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
4. Jangan pakai celana berbahan jeans

Celana berbahan jeans tidak disarankan untuk digunakan saat melakukan pendakian, pasalnya celana jenis itu sangat sulit menyerap air dan juga sulit kering yang bisa berpotensi membuat tubuh menjadi dingin dan juga menjadi hipotermia. Lebih baik pakai celana berbahan spandek atau nylon yang mudah kering dan menyerap keringat serta simpel.

5. Pakai aksesoris yang mudah dibawa

Selain kerudung, pakaian dan celana, ada kebutuhan lainnya yang penting buat tetap tampil stylish, seperti membawa kacamata, topi, atau buff.

6. Jaket gunung berwarna cerah

Jaket gunung dengan warna-warna cerah tentu bisa menambah keren penampilan kalian saat pendakian. Selain itu, dengan menggunakan jaket berwarna maka kalian juga akan mudah dikenali jika dibanding dengan jaket berwarna gelap.

7. Bawa Mukena

Jika tidak sedang menstruasi, maka bawalah mukena untuk melakukan ibadah di atas gunung. (MC/RL)

Foto: Mounture.com/Ilham

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.