Ini Tips Memilih Down Jacket

(Mounture.com) — Menjelang akhir tahun, pastinya banyak orang mempersiapkan liburan baik bersama keluarga atau teman ke berbagai destinasi wisata. Salah satunya adalah wisata pegunungan, jika kalian memilih destinasi ke dataran tinggi atau gunung ini maka kalian membutuhkan baju hangat atau jaket yang sesuai.

Adapun jaket yang dibutuhkan untuk wisata ke suhu yang lebih dingin bisa kalian menggunakan down jacket atau jaket berisikan bulu angsa atau bebek, kalian akan tetap hangat dan nyaman. Namun, dalam membeli jaket tersebut kalian bisa memperhatikan beberapa tips untuk memilih down jacket, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pertama kalian harus tau material down atau jenis bulu dari jaket tersebut yakni bulu angsa atau goose down, duck down atau bulu itik dan terakhir ada bulu sintetik, seperti thermoball pada beberapa jaket bermerek ternama.

2. Perlu diingat masing masing jenis bulu baik alami atau sintetik memiliki keunggulan masing masing. Biasanya bulu alami goose down dan duck down memiliki beberapa keunggulan, yakni lebih ringan dan lebih bisa mengembang dibandingkan dengan bulu sintetik sehingga dimungkinkan dapat menghasilkan kehangatan yang sama dengan bulu sintetik tapi dengan berat yang lebih ringan dan kelemahan dari bulu alami ini harganya yang relatif mahal.

Sementara bulu sintetik memiliki keunggulan dari segi harga yang lebih murah dibanding bulu alami tetapi kekurangannya jaket sintetik akan lebih berat dan memiliki volume yang lebih besar ketika di packing.

3. Fill power dan fill weight. Jaket down merek ternama biasanya mencantumkan fill power dan fill weight pada jaket mereka. Fill power sendiri merupakan kemampuan bulu untuk mengembangkan setelah dikompresi jadi semakin tinggi fill power maka bulu yang digunakan semakin berkualitas.

Akan tetapi fill weight juga tidak kalah penting, yakni jumlah berat bulu yang ada pada jacket contoh sederhananya jaket dengan fill power 1.000 dan fill weight 50 gram tidak akan lebih hangat dari jaket fill power 500 dengan fill weight 150 gram. Intinya jaket down yang bagus keduanya harus seimbang baik fill power ataupun fill weightnya.

4. Tentukan pilihan kalian sesuai dengan budget dan kebutuhan kalian. (MC/MF)

Foto: dok. Shopee.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.