0

Ini Tips Ikut Kompetisi Lari untuk Pemula

  • 22 September 2019 06:55

(Mounture.com) — Bagi kalian yang baru menggeluti hobi olahraga lari, pastinya kalian ingin mencoba hal baru seperti mengikuti kegiatan kompetisi lari yang sering diadakan saat acara Car Free Day (CFD) atau acara-acara khusus lainnya.

Running Coach yang juga Founder Gantarvelocity Agung Mulyawan, mengatakan bahwa mengikuti ajang lari dapat memicu semangat serta meningkatkan motivasi dan komitmen bagi pelari pemula, namun biasanya rasa enggan untuk memulai merupakan salah satu hambatan yang sering terjadi.

“Untuk menjaga semangat, berlari bersama dengan teman atau bergabung dalam sebuah komunitas dapat menjadi salah satu cara menjaga semangat,” tuturnya di Jakarta, baru-baru ini.

Dia pun memberikan 5 tips bagi para pelari pemula yang akan mengikuti kompetisi lari pertamanya.

1. Datang lebih awal,

Dengan datang lebih awal, para pelari dapat memanfaatkan waktu untuk melakukan stretching atau pemanasan. Biasanya pemanasan ini bisa dilakukan sekitar 20 menit sebelum lari dimulai.

2. Memerhatikan postur saat berlari,

Posisi kepala tegak, bahu serta leher tetap rileks. Badan tegak agak condong ke depan dengan pandangan mata lurus ke depan. Tangan ditekuk pada bagian siku dengan sudut 90O.

3. Dengarkan tubuh dan atur pernapasan,

Bernapas menggunakan mulut, selain bisa mendapatkan lebih banyak oksigen, bernapas menggunakan mulut juga dapat membuang lebih banyak karbon dioksida. Pelari juga dianjurkan menggunakan pernapasan perut dengan menggunakan teknik mengambil napas pendek dan dangkal.

Bila mulai terengah-engah, jangan ragu untuk mengurangi kecepatan berlari, namun bila sudah mulai merasa dapat mengendalikan napas, pelari dianjurkan untuk meningkatkan kecepatan lari lagi.

4. Memerhatikan asupan makan,

Para pelari dianjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan berat dua jam sebelum pertandingan berlangsung. Untuk menjaga daya tahan, pelari dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, dengan sedikit protein dan lemak dan serat terbatas.

5. Berlari bersama teman atau keluarga,

Berolahraga bersama dengan orang-orang terdekat akan menjadikan lari terasa lebih menyenangkan sembari mencapai tujuan lari bersama. Selain berlari bersama teman atau bergabung dengan komunitas, para pelari pemula juga dapat mengajak keluarga agar berlari menjadi lebih menyenangkan dan sarana bonding antarteman maupun keluarga.

Hal ini pun sejalan dengan penelitian yang menunjukkan bahwa running group atau running buddy dapat menjadi solusi bagi para pelari pemula agar tetap termotivasi untuk mencapai tujuan berlari bersama. (MC/RL)

Foto: Sportku.com