Ini Peralatan Survival yang Wajib Dibawa saat Bertualang

(Mounture.com) — Bertualang di alam bebas memang memiliki risiko yang cukup besar, meskipun memiliki kemampuan bertahan hidup yang mumpuni, namun tetap saja kita harus memberikan perhatian khusus serta langkah-langkah pencegahannya.

Salah satu persiapannya demi meminimalisir risiko-risiko yang ada saat berpetualang adalah dengan mempelajari teknik-teknik bertahan hidup di alam bebas dan selalu membawa peralatan survival kemanapun akan bertualang.

Nah, berikut ini beberapa peralatan bertahan hidup yang direkomendasikan untuk selalu dibawa saat melakukan petualangan seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Pisau saku (multi tools),

Piranti ini memiliki fungsi yang sangat vital, sebab memiliki beragam peralatan dan juga mempunyai banyak fungsi yang bermanfaat. Pisau saku, khususnya multi tools ini memiliki kemasan yang simple dan mudah dibawa saat berpetualang.

2. Peralatan pembuat api,

Api merupakan salah satu hal yang paling penting dalam bertahan hidup di alam bebas, terutama saat mengalami kondisi buruk. Selain bisa digunakan untuk memasak, api juga bisa untuk menghangatkan tubuh dan juga dapat membantu mengusir hewan-hewan liar.

Adapun peralatan pembuat api yang wajib selalu kalian bawa saat berpetualang antara lain: korek api, batu api, dan kaca pembesar.

3. Peralatan P3K,

Bawa selalu peralatan yang ada di dalam kotak P3K. Kendati banyak memakan tempat, namun ini akan sangat berguna, salah satunya jika kalian terluka atau membutuhkan cairan steril untuk membersihkan luka.

Adapun sebelum membawa kalian cek terlebih dulu tanggal kadaluarsa, dan kelengkapannya, antara lain obat-obatan seperti tablet Oxytetracycline untuk diare dan infeksi, plester atau perban, alkohol atau krim antiseptik, pinset, kapas, kain kasa, dan obat pereda rasa sakit serta antibiotik.

4. Cadangan makanan,

Ketika melakukan petualangan, kalian perlu membawa makanan cadangan. Hal ini diperlukan jika kalian menghadapi kondisi darurat. Selain membawa cadangan makanan, kalian juga perlu mengasah kemampuan dan pengetahuan tentang cara mendapatkan makanan di alam bebas, serta jangan lupa membawa alat seperti belati, tali perangkap, senar dan mata pancing serta tablet penjernih air.

5. Tali,

Benda ini akan sangat berguna ketika kalian dalam keadaan berbahaya, tali dapat menolong kalian jika sedang berada di jurang atau menghadapi medan terjal yang sulit untuk dilewati. Selain itu, tali juga dapat dijadikan alat pengikat untuk berbagai kebutuhan. Bawalah tali yang lebih ringan seperti webbing, prusik atau paracord.

6. Peralatan untuk sinyal darurat (SOS),

Selalu sediakan peralatan untuk membuat atau melakukan sinyal darurat (SOS) yang dapat memberitahukan posisi kalian berada kepada tim penyelamat atau SAR, seperti peta, kompas, peluit SOS, jarum, benang, cermin sinyal, suar, dan senter. (MC/RIL)

Foto: dok. Eiger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.