Ini Manfaat Tanaman Meniran

Mounture.com — Meniran atau Phyllanthus urinaria, yaitu tumbuhan yang memiliki bentuk batang bulat tegak lurus dengan tinggi mencapai satu meter lebih jika tumbuh di tanah subur. Tanaman ini tumbuh subur di tempat yang lembap pada dataran rendah sampai 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Melansir laman Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), dijelaskan bahwa daun Meniran bertulang menyirip genap. Setiap satu tangkai memiliki daun majemuk dengan ukuran kecil lonjong. Sedangkan bunga tumbuhan liar ini ada pada ketiak daun serta menghadap ke bagian bawah.

Adapun tanaman Meniran ini umumnya tidak ditanam dan dipelihara, sebab dianggap sebagai tumbuhan rumput biasa. Namun, jangan dianggap remeh tumbuhan ini, pasalnya senyawa kimia yang terkandung di dalam Meniran memiliki manfaat bagi kita.

Tumbuhan ini memiliki kandungan zat, yaitu filatin, kalium, damar atau tanin dan zat penyamak. Bila kita merebus Meniran lalu meminum airnya secara rutin, niscaya bisa membantu pengobatan penyakit kuning, disentri, batuk, demam, ayan, haid berlebihan, dan malaria. (MC/TN)

Foto: dok. TN Gunung Ciremai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.