Ini Cara Pilih Tas Ransel untuk Perempuan

(Mounture.com) — Belakangan ini perkembangan peralatan pendakian gunung sudah semakin pesat, dan sejalan dengan itu kegiatan yang tadinya didominasi oleh laki-laki juga banyak diminati oleh perempuan.

Untuk mengakomodasi hal tersebut berbagai produsen peralatan pendakian pun sudah memproduksi beberapa peralatan pendakian yang ditujukan untuk wanita. Salah satunya adalah ransel yang dirancang untuk mengakomodasi perbedaan fisiologis perempuan dengan laki-laki seperti torso pendek dan bahu sempit.

Berikut ini tips dan cara memilih tas ransel untuk perempuan yang dilansir dari laman Avtech Indonesia.

1. Shoulder Straps (harness bahu)

Banyak wanita membutuhkan shoulder straps yang terletak lebih dekat satu sama lain dan ini berbeda dengan ransel yang ditujukan untuk pria. Shoulder straps yang jauh terpisah cenderung sering meleset di bahu perempuan.

Mengencangkan sternum strap dapat sedikit membantu, tapi hal itu akan membuat menjadi tidak nyaman jika terlalu ketat menariknya. Padding pada harness bahu yang standar biasanya terlalu lebar, lurus, dan panjang bagi postur wanita.

Hal ini dapat menyebabkan radang di ketiak dan membatasi dada. Ada beberapa produsen memproduksi ransel yang memiliki harness bahu yang bisa diganti. Pilih yang lebih sempit, strapsnya yang pendek dengan sudut yoke miring. Ini dirancang untuk sesuai dan nyaman bagi tubuh bagian atas wanita.

2. Hipbelts (sabuk pinggang)

Hipbelts yang standar tidak selalu cocok dengan bentuk pinggul wanita. Hal ini dapat menyebabkan tepi bagian bawahnya menjorok ke dalam sementara bagian atas sabuk pada posisi yang tidak pas serta canggung atau tidak sama sekali terposisikan secara nyaman di pinggul.

Melonggarkan hipbelt untuk membuatnya lebih nyaman hanya akan mentransfer bobot ransel ke bahu. Untuk membawa beban agar lebih nyaman, hipbelt harusnya pas posisinya di tulang pinggul Anda dan lengkungannya haruslah bisa menghilangkan bagian-bagian yang terdorong masuk. Model dengan hipbelts yang bisa diganti-ganti lebih memungkinkan Anda untuk bisa menemukan ukuran yang benar-benar cocok bagi Anda.

3. Panjang Torso

Memilih ransel dengan panjang yang sesuai dengan torso adalah hal yang sangat penting. Jika ransel terlalu panjang atau terlalu pendek, maka hipbelt akan berada di tempat yang salah dan shoulder straps akan terbebani oleh bobot beban yang lebih.

Ransel yang memiliki panjang tidak benar juga akan bisa membuat ada gap dan tonjolan pada punggung dan pinggang, ini akan menambah ketidaknyamanan. Di Indonesia juga sudah banyak beredar ransel-ransel yang memang ditujukan untuk wanita, ransel-ransel ini gampang mengenalinya karena beberapa merek mencantumkan kode tambahan pada kode seri dan kapasitasnya seperti SL, LD atau L. (MC/PC)

Foto: dok. vtsports.com

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.