Lagi, Gunung di Jawa dan Bali Perpanjang Penutupan Kegiatan Pendakian

Gunung Arjuno Welirang (dok. http://tahuraradensoerjo.or.id/)

Mounture.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memperpanjang masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 untuk wilayah Jawa dan Bali hingga 2 Agustus 2021 mendatang. Hal itu berdampak pula pada perpanjangan masa penutupan kegiatan pendakian di gunung yang ada di wilayah Jawa dan Bali.

“Dengan mempertimbangkan aspek kesehatan, aspek ekonomi, dan dinamika sosial, saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKMĀ level 4 dari tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021,” kata Presiden Jokowi lewat konferensi pers, Minggu, 25 Juli 2021.

Dari keputusan tersebut, maka para pengelola gunung yang ada di wilayah Jawa dan Bali kembali melakukan perpanjangan masa penutupan jalur pendakian, di mana sebelumnya telah menutup kegiatan pendakian sejak PPKM dimulai yakni pada 3 Juli lalu.

Seperti halnya, Taman Nasional Gunung Gede Pangrangro (TNGGP) yang kembali mengumumkan masa perpanjang penutupan objek wisata alam termasuk kegiatan pendakian hingga 2 Agustus 2021 mendatang.

“Harap bersabar yaa. PPKM diperpanjang kembali sampai tanggal 02 Agustus 2021 sesuai arahan pemerintah. Salam sehat, dan jangan kendor terapkan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air yang mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilitasi dan interaksi),” tulis akun instagram resmi TNGGP (@bbtn_gn_gedepangrango).

Disebutkan pula bahwa rencana pembukaan itu dengan catatan jika pada waktu pembukaan masih terjadi peningkatan penyebaran Covid-19, maka pihak TNGGP akan melakukan penutupan hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Sementara Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) juga melakukan hal sama, di mana TNBTS melakukan perpanjang penutupan wisata alam Gunung Bromo, dan kegiatan pendakian Gunung Semeru. Namun, TNBTS tidak menyebutkan kapan akan dibuka kembalinya. TNBTS hanya menyampaikan penutupan objek wisata Gunung Bromo dan Semeru diperpanjang sampai dengan pengumuman lebih lanjut.

“Sembari menanti pembukaan wisata bromo dan semeru mari kita terus berdoa dan berupaya agar pandemi ini segera berakhir di negeri ini,” tulis akun instagram resmi TNBTS (@bbtnbromotenggersemeru). (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.