Mengenal Gunung Rakutak ‘Kecil Cabe Rawit’

Pemandangan dari Gunung Rakutak (Instagram/@tapakrakutak)

Mounture.com — Gunung Rakutak yang berada di Desa Sukarame, Kabupaten Bandung, Jawa Barat memiliki ketinggian 1.922 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung ini merupakan bagian dari Cagar Alam Kamojang.

Untuk bisa mendaki ke gunung ini, pendaki bisa melalui tiga jalur pendakian, yakni via Sukarame, Pacet, dan Majalaya. Namun, sebelum melakukan pendakian, pendaki diminta untuk melakukan pendaftaran melalui basecamp Himpala Rakutak.

Gunung Rakutak sering disebut oleh pendaki sebagai gunung ‘kecil cabe rawit’, di mana dengan ketinggian yang tak begitu menjulang tinggi, namun trek yang akan dihadapi pendaki sangatlah menantang dan menguras tenaga. Untuk estimasi waktu perjalanan hingga puncak bisa ditempuh selama 5-6 jam.

Gunung ini memiliki tiga puncak, yaitu Puncak 1, Puncak 2 dan Puncak 3 atau Puncak Utama. Selain itu, gunung yang sering disebut sebagai Semeru-nya Jawa Barat ini juga memiliki danau yang bernama Ciharus.

Adapun kondisi jalur pendakian gunung ini didominasi dengan hutan yang rimbun, dengan jalur yang terbilang kecil atau sempit. Di gunung ini terbilang minim sumber air, jadi disarankan untuk membawa perbekalan air lebih saat akan mendaki ke gunung ini.

Sementara untuk lokasi mendirikan tenda, pendaki bisa melakukan camp di Pos 1 yang bisa menampung sekitar 4-5 tenda. Namun, pendaki juga melakukan camp di Puncak 2 atau Puncak 3, tetapi di lokasi tersebut cukup berisiko jika terjadi angin kencang karena kondisinya yang lapang serta sisi kanan dan kirinya jurang.

Perlu diingat, di gunung ini pendaki disarankan untuk mengenai pakaian panjang, sebab banyak tumbuhan jelantang yang jika terkena kulit akan menjadi gatal-gatal, serta banyak pacet di sepanjang jalur pendakian. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.