Ini Cara Cegah Ular Masuk ke Tenda saat Bertualang

(Mounture.com) — Melakukan aktivitas di alam bebas, pastinya kalian akan banyak menjumpai binatang-binatang liar, salah satunya adalah ular. Binatang melata ini cukup menjadi momok yang menakutkan bagi beberapa penggiat alam bebas terlebih ular yang berbisa.

Beberapa hal pun harus diwaspadai terkait ular ketika melakukan aktivitas di luar ruang (outdoor), baik bertemu saat dalam perjalanan (trekking) atau ketika sedang ngecamp atau bertenda.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah ketika kita sedang melakukan camp atau bertenda. Di mana tanpa disadari ular bisa saja masuk ke dalam tenda saat kita sedang tertidur pulas.

Meski sebenarnya ular tidak akan menyerang jika tidak diganggu, namun terkadang kita tidak tahu kalau ternyata ular sudah masuk ke dalam tenda sehingga kita bisa saja secara tidak sengaja ‘menyerangnya’ dengan menindihnya, atau menyentuhnya.

Nah, berikut ini cara untuk mencegah dan menjaga tenda dari ular di hutan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Jauhkan tenda dari sarang ular,

Seperti diketahui, ular suka berdiam diri di bawah pohon-pohon yang tumbang. Untuk itu, pastikan untuk mendirikan tenda di lokasi yang jelas, yang berumput rendah atau kerikil yang jauh dari kemungkinan tempat tinggal atau sarang ular.

2. Periksa tenda sebelum bertualang,

Hal ini dimaksudkan agar sebelum melakukan petualang atau pendakian, kalian bisa mengetahui apakah tenda kalian berlubang atau tidak. Pasalnya, jika tenda berlubang bisa berpotensi untuk dimasukin oleh binatang-binatang liar, salah satunya ular.

3. Selalu menutup tenda saat ditinggalkan,

Ular suka berdiam diri di tempat teduh seperti di bawah tenda. Jika meninggalkan tenda, pastikan menutup zipper tenda. Sebelum kembali ke tenda, periksa bagian bawah tenda, karena biasanya ular suka berteduh di bagian bawah tenda. Lebih baik juga memeriksa sleeping bag.

4. Jauhkan makanan dari tenda,

Selalu menjaga logistik di wadah tertutup, termasuk sisa-sisa makanan. Sebab, aroma makanan bisa mengundang hewan liar datang. Ular bisa saja datang tapi bukan untuk tertarik pada makanan, namun kepada hewan lain yang menginginkan makanan itu seperti burung dan tikus .

5. Beri bahan kimia di sekitar tenda,

Bahan kimia bisa digunakan untuk menghalau ular datang atau mendekat ke tenda. Belilah bahan kimia pengusir ular namun jangan membeli yang mengandung naftalena karena bisa membuat hewan lain terbunuh.

Ular akan menghindari bau-bauan yang menyengat sepeti parfum, bensin, minyak tanah, maupun obat pembasmi serangga. Bau-bauan tersebut mengganggu indera penciuman ular, jadi ular akan menghindarinya. (MC/RL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.