Daun Pinus Bisa Jadi Minuman Alternatif saat Mendaki Gunung

(Mounture.com) — Pohon pinus (Pinus Merkusii) merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Pohon ini pun banyak ditemui di gunung-gunung di Indonesia.

Selain untuk diambil getahnya, pohon pinus ini ternyata daunnya pun memiliki manfaat yaitu sebagai minuman seperti halnya teh. Daun pinus disebut memiliki kandungan vitamin C yang melimpah.

Saat mendaki gunung, pendaki pun bisa menjadikan daun pinus ini sebagai alternatif variasi minuman, terlebih suasana di gunung yang cukup dingin bisa menjadikan minuman daun pinus ini sebagai penghangat.

Hal ini diungkapkan salah satu pengajar teknik survival, Coach Mike (akun instagram @coachmike_id). Dia mengatakan bahwa daun pinus bisa dijadikan sebagai teh yang bisa dibuat dari pucuk daun pinus.

“Sangat segar, sedap dan mengandung vitamin C tinggi. Alternatif variasi minuman saat di gunung. Menikmati spruce tea (teh pucuk daun pinus) panas di temperatur udara yang dingin terasa sedap sekali,” katanya dalam foto di akun instagram-nya, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa pinus merkusii ini sudah dikenal sebagai tanaman berkhasiat sebagai obat herbal, karena mengandung flavonoid dan vitamin C yang tinggi yang bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dan meningkatkan daya ingat (pada lansia).

“Kalau Pinus Merkusii nggak ada getirnya, diminum tanpa gula pun sudah sedap. Itu yang saya masak dan minum bareng kawan-kawan nggak pakai gula,” tutur dia.

Menurut dia, jika ingin membuat minuman dari daun pinus hanya menggunakan daunnya saja. “Yang masalah kalau ikut batang daunnya yang bukan di pucuk, karena mengandung Resin. Kalau yang bagian pucuk ya aman nggak ada resinnya dan rasanya sedap,” ungkap dia.

Gimana? Mau mencoba saat mendaki gunung nanti? (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.