Jenis Matras yang Bisa Digunakan untuk Naik Gunung

Ilustrasi penggunaan matras saat naik gunung (dok.Instagram/@utyty)

Mounture.com — Saat akan melakukan pendakian gunung, sudah pasti kalian harus mempersiapkan segala macam peralatan pendukung demi kelancaran saat melakukan kegiatan di alam bebas itu. Namun, sebelum mempersiapkan peralatannya, kalian pun harus memahami berbagai macam jenis peralatan tersebut.

Hal itu dimaksudkan agar kalian tidak salah dalam membawa peralatan-peralatan pendakian yang bisa saja berakibat fatal atau malah membuat tidak nyaman saat pendakian ke gunung. Salah satu peralatan naik gunung yang memiliki berbagai macam jenis, yaitu matras.

Matras sendiri berguna sebagai alas, baik untuk tidur di tenda, ataupun untuk sekedar duduk-duduk santai. Selain itu, matras juga bisa berfungsi sebagai alat perapi tas carrier dan masih banyak fungsi lainnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa jenis matras yang perlu kalian ketahui.

1. Matras cacing

Matras ini merupakan jenis yang paling sering digunakan oleh pendaki gunung. Matras berbahan busa tipis dan karet ini bisa dibeli dengan harga terjangkau. Adapun matras jenis ini bisa digunakan sebagai bahan pelapis di tas carrier, agar tas kalian bisa lebih terlihat kokoh saat diisi segala macam perlengkapan.

2. Matras aluminium

Matras jenis ini terbilang tipis dan ringan yang dilapisi dengan aluminium foil di bagian luarnya. Kendati matras ini tipis, namun matras jenis ini mampu menginsulasi panas, sehingga kehangatan tetap terjaga. Selain itu, matras jenis ini juga bisa digunakan dalam kondisi darurat seperti untuk penanganan hipotermia, di mana matras ini bisa dijadikan sebagai emergency blanket.

3. Matras lipat portable

Matras ini hadir dengan desain yang unik, di mana memiliki sekat-sekat dalam satu matras yang memungkinkan tiap bagiannya untuk dilipat, dan ditumpuk menjadi satu. Tekstur matras ini berupa kotak-kotak menonjol yang bisa memberikan sensasi pijatan saat digunakan.

4. Matras busa

Matras ini terbilang sangat ringkas, di mana matras jenis ini bisa mengembang sendiri, dan dapat dengan mudah dilipat menjadi bentuk kecil untuk dibawa kemanapun.

5. Matras angin (sleeping pad)

Untuk saat ini, matras jenis ini terbilang sangat digemari oleh beberapa pendaki gunung. Sebab, matras ini cenderung memberikan kenyamanan untuk tidur karena permukaannya yang empuk. Selain itu, matras jenis ini juga sangat ringan, dan bisa dilipat kecil jadi sangat ringkas. Cara menggunakan matras ini cukup dengan mengisi udara ke bagian dalamnya agar mengembang. (MC/PC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.