0

Sekilas Tentang Gunung Talamau

(Mounture.com) — Gunung Talamau merupakan salah satu gunung tertinggi di Provinsi Sumatera Barat. Gunung yang terletak di Kabupaten Pasaman Barat ini memiliki ketinggian 2.982 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan masuk kedalam kategori gunungapi tidak aktif.

Gunung ini memiliki kelestarian alam yang masih terbilang alami, bersih dan hutannya yang rapat. Hutan Talamau sendiri merupakan hutan primer yang sangat padat yang jarang terpapar sinar matahari, sehingga kondisi hutan ini menjadi lembab serta memiliki habitat pacet yang banyak.

Menariknya, gunung ini memiliki 13 telaga yang berada di ketinggian 2.750 mdpl, jadi jangan heran jika ketika mendaki ke gunung ini kalian akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa indahnya ditambah dengan udara yang bersih dan sejuk.

Adapun ke-13 telaga yang berada di gunung Talamau ini antara lain Biru, Buluah Parindu, Cindua Mato, Imbang Langik, Lumuik, Mandeh Rubiah, Puti Bungsu, Puti Sangka Bulan, Rajo Dewa, Satwa, Siuntuang Sudah, Tapian Puti Mambang Surau dan Tapian Sutan Bagindo. (MC/RL)

Foto: Instagram/@gedeleo