Ini Kiat Wujudkan Impian Beli Mobil Sendiri

(Mounture.com) — Memiliki mobil sendiri merupakan salah satu impian kebanyakan orang, dan bisa jadi menjadi impian Anda juga sedari kecil. Namun, kita tahu bahwa bisa memiliki mobil sendiri tidaklah mudah seperti yang dibayangkan.

Banyaknya kebutuhan yang mesti diperlukan menjadi salah satu alasan orang untuk menunda membeli mobil sendiri. Namun, ada beberapa cara untuk bisa mewujudkan impian untuk membeli mobil sendiri loh. Berikut ini beberapa kiat untuk bisa mewujudkan mimpi membeli mobil sendiri seperti dilansir dari laman Suzuki Indonesia, baru-baru ini.

1. Fokus pada tujuan menabung,

Salah satu cara untuk membeli mobil adalah dengan cara beli cash dan juga kredit mobil. Kedua cara ini bisa saja kita lakukan untuk mendapatkan sebuah mobil impian yang ingin kita miliki. Untuk itu supaya kita bisa sukses menabung buatlah tujuan untuk menabung. Dengan adanya tujuan dari menabung yang ingin kita capai tentu saja kita akan semakin semangat, bersungguh-sungguh dalam menabung.

Tetapkan tujuan dan juga komitmen Anda bahwa harus memiliki sebuah mobil. Dengan begitu Anda akan berusaha keras agar tercapai apa yang Anda impikan yaitu membeli sebuah mobil. Berbeda jika Anda menabung tapi tidak memiliki tujuan atau motivasi yang akan dicapai, tentu saja Anda tidak akan begitu semangat dalam menabung untuk membeli sebuah mobil.

2. Menabung di awal saat gajian,

Tentu saja waktu gajian kita adalah sebulan sekali, biasanya setiap tanggal muda di awal bulan. Untuk bisa menabung beli mobil Anda harus menentukan dulu berapa persen dari gaji Anda yang ingin Anda masukan pada tabungan.

Sebaiknya Anda harus bisa memisahkan mana yang digunakan untuk menabung dan mana yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini untuk menghindari uang untuk menabung malah terpakai untuk kebutuhan sehari-hari. Anda harus bisa menentukan nominal yang tepat untuk menabung saat awal gajian.

Jika Anda salah menentukan nominal untuk menabung tentu saja bisa menjadi suatu penghambat diri kita untuk menabung. Dengan menabung di awal saat gajian tentu saja bisa lebih efektif dibandingkan harus menunda nanti-nanti.

3. Hindari pembelian tidak berguna,

Cara menabung untuk beli mobil berikutnya adalah dengan menghindari pembelian tak berguna. Terkadang kita selalu menyepelekan pengeluaran kecil seperti membeli jajan, membeli barang-barang yang tidak begitu berguna.

Sebaiknya Anda jangan meremehkan pengeluaran yang serasa kecil ini. Mungkin itu terlihat murah, tetapi jika hal ini terjadi terus menerus bukanya ini sama saja seperti pemborosan?

Bisa Anda hitung berapa total pengeluaran Anda untuk hal yang tidak begitu penting ini dalam sebulan. Bukankah bisa digunakan untuk membayar kredit mobil? Namun terkadang kita tidak menghiraukan hal ini dan selalu menganggap sepele terhadap pengeluaran-pengeluaran seperti ini.

4. Kurangi jajan di luar,

Cara menabung untuk beli mobil selanjutnya adalah dengan menghilangkan budaya hidup hedon. Gaya hidup hedon pastinya akan menghambur-hamburkan uang ini tentu saja bisa menguras keuangan kita setiap bulannya.

Sebaiknya Anda kurangi gaya hidup berfoya-foya seperti sering main ke mall, sering makan di luar dan sebagainya. Mulailah dengan hidup yang sesuai dengan isi kantong kita, tak usah menuruti gaya hidup teman kita yang hedon ini. Karena bisa saja teman kita tersebut memiliki ekonomi yang lebih dari kita.

5. Kurangi konsumsi rokok,

Bagi Anda yang merokok sebaiknya mulai mengurangi konsumsi rokok dalam sehari. Memang untuk berhenti merokok ini dirasa sangat susah dan butuh proses yang sangat lama, namun semuanya dimulai dari mengurangi konsumsi rokok setiap harinya.

Misalnya biasanya Anda dalam sehari menghabiskan 1 bungkus rokok, Anda kurangilah konsumsi rokok Anda menjadi 1 bungkus untuk 2 hari. Dengan begitu uang yang biasa digunakan untuk merokok bisa kita gunakan untuk membayar cicilan kredit mobil atau dimasukkan ke dalam tabungan untuk membeli mobil.

6. Jika mendapatkan rejeki ditabung,

Selain menabung di saat awal bulan gajian, sebaiknya Anda juga menabung ketika mendapatkan sebuah rejeki maka ditabung saja untuk membeli mobil impian Anda. Namanya juga rejeki tentu saja bisa datang kapan saja dan tiba-tiba. Nah jika Anda mendapatkan rejeki yang tiba-tiba ini sebaiknya Anda masukan saja kedalam tabungan Anda untuk membeli mobil.

Tentu saja ini bisa menambahkan jumlah tabungan yang Anda miliki selain diluar dari plan menabung setiap awal bulan. Jadi jika mendapat rezeki jangan digunakan untuk membeli jajan atau berfoya-foya, lebih baik ditabung uangnya.

7. Terapkan gaya hidup hemat,

Cara yang terakhir adalah dengan menerapkan gaya hidup yang hemat. Perlu Anda ketahui jika hemat bukan selalu tentang uang ya, hemat bisa dimulai dengan cara mengurangi kebutuhan listrik bulanan, mengurangi kebutuhan pokok dan masih banyak cara lainnya yang bisa kita terapkan untuk hidup hemat.

Jadi pada dasarnya gaya hidup hemat ini adalah dengan cara mengurangi pengeluaran harian atau bulanan yang biasa dikeluarkan dengan tujuan untuk ditabung. Sebenarnya 6 poin di atas adalah beberapa cara atau gaya hidup yang hemat, mulai dari mengurangi merokok, tidak jajan diluar dan sebagainya. Selamat mencoba! (MC/SZ)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.