Ini 6 Tandanya Harus Ganti Ban Mobil

(Mounture.com) — Ban mobil merupakan salah piranti penting khususnya dalam hal keselamatan dan juga kenyamanan saat berkendara. Semakin jauh jarak tempuhnya, kondisi ban mobil akan semakin aus.

Namun tak jarang masih banyak pengendara yang justru mengabaikannya. Padahal jika didiamkan terus menerus, dapat berakibat ban pecah di jalan sehingga membahayakan keselamatan pengendara dan orang lain.

Berikut ini 6 tanda yang mengharuskan Anda mengganti ban mobil seperti dilansir dari laman Wuling Motors, belum lama ini.

1. Tapak ban menipis,

Melihat tapak ban, yang tak boleh di bawah ukuran 1/16 inchi. Tetapi jika Anda sering berkendara di jalanan yang permukaannya licin dan basah, disarankan tapak ban tak boleh lebih dalam dari 1/16 inchi.

Pengukuran tapak ban bisa dilakukan dengan menggunakan alat, namun Anda harus mengetahui cara membacanya. Maka sebaiknya Anda meminta mekanik ahli untuk memastikan ukuran tapak sebelum menggantinya.

2. Sering kempes,

Tekanan ban mobil juga bisa menjadi salah satu indikator bahwa kondisi ban sudah harus diganti. Menandakannya mudah, cukup memerhatikan seberapa sering mengisi tekanan ban. Misal, Anda baru mengisi tekanan ban kemarin, kemudian dua hari setelahnya ban terasa kempes lagi dan siklus tersebut terus berulang.

Hal ini menandakan ada keretakan di ban mobil yang membuat tekanan mudah untuk keluar. Anda bisa meminta para mekanik di bengkel untuk memastikan kondisi ban dan apabila sudah tidak layak bisa segera menggantinya.

3. Bagian luar ban retak-retak,

Tinggal di daerah dengan suhu yang tinggi dapat memengaruhi permukaan ban. Tapi tak semua pengendara mengetahuinya. Padahal hal tersebut bisa dihindari dengan rajin membersihkannya juga memberikan cairan khusus. Kalau permukaan ban sudah banyak yang retak-retak, Anda sebaiknya segera menggantinya untuk menghindari pecah ban ketika tengah berkendara.

4. Mengeluarkan bunyi yang berisik,

Kebisingan ketika Anda sedang berkendara bisa menjadi salah satu tanda kalau ban mobil sudah harus diganti. Cara mengeceknya pun mudah, perhatikan ketika melintas di jalanan yang permukaannya mulus apakah ada suara bising yang terdengar.

Kemudian yang harus diperhatikan juga adalah getaran yang ditimbulkan saat mobil melewati jalanan dengan permukaan mulus. Hal ini bisa menjadi tanda kalau ban sudah aus dan tapaknya tidak rata dengan demikian Anda disarankan untuk segera menggantinya.

5. Ban sudah berumur,

Bila Anda memiliki mobil sudah cukup lama dan bannya tak pernah diganti, ini merupakan waktu yang tepat. Usia yang ideal untuk ban adalah 3 tahun, namun kembali lagi harus dilihat kondisinya. Apabila sebelum tiga tahun kondisi ban sudah cukup parah seperti retak dan juga benjol-benjol, Anda tak perlu menunggunya hingga genap tiga tahun untuk menggantinya.

6. Jarak tempuh mobil,

Jarak tempuh juga bisa menjadi acuan untuk Anda mengganti ban mobil. Memang tak secara spesifik disebutkan, namun untuk tetap menjaga keamanan dan keselamatan di jalan, sebaiknya ban mobil diganti ketika sudah melampaui 40.000 kilometer. Jika pemakaian wajar mobil 15.000 kilometer per tahun, berarti diperkirakan ban harus diganti setiap 3 tahun sekali. (MC/PC)

Foto: dok. Bridgestone Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.