0

Sekilas Tentang Gunung Gede Pangrango

(Mounture.com) — Gunung Gede Pangrango merupakan salah satu tujuan pendakian terfavorit di wilayah Jawa Barat. Hal ini dikarenakan gunung yang berada di wilayah Bogor dan Sukabumi ini terbilang cukup dekat dengan ibukota Jakarta.

Gunung ini memiliki 3 jalur pendakian, yaitu melalui Cibodas, Gunung Putri atau Selabintana. Dari ketiga jalur pendakian tersebut, melalui Cibodas merupakan yang terfavorit. Biasanya pendaki beralasan bahwa melalui jalur Cibodas dikarenakan view dan bonus (turunan) banyak.

Selain itu, jika melintasi jalur ini, kalian juga dapat menemui air terjun Cibereum serta air panas. Dan jika kalian ingin berkunjung ke dua gunung sekaligus yakni Gede dan Pangrango, melalui jalur Cibodas inilah yang sangat disarankan.

Sementara jalur pendakian kedua yaitu melalui gunung putri. Jalur pendakian ini biasanya digunakan pendaki yang hanya untuk berkunjung ke Gunung Gede saja. Jalur ini terbilang lebih menghemat waktu, meski kondisi jalannya yang cukup terjal dan jarang bonus.

Melalui jalur ini, kalian akan langsung menemui alun-alun Surya Kencana yang merupakan ‘surga’ gunung Gede dan biasanya lokasi tersebut menjadi tempat mendirikan tenda, sebelum keesokannya melanjutkan perjalanan ke puncak Gede.

Sedangkan jalur ketiga, yaitu Selabintana. Jalur ini terbilang masih jarang yang menggunakan karena treknya yang sangat panjang dan sangat memakan waktu dengan jaraknya sekira 12 kilometer kurang dan disebut menjadi salah satu jalur pendakian terpanjang di Jawa Barat. Akan tetapi sekarang jalur pendakian via salabintana sudah ditutup.

Jika kalian ingin mendaki ke Gunung Gede Pangrango, pihak pengelola telah menetapkan prosedur pendaftaran dengan menggunakan online melalui booking.gedepangrango.org dan dengan kuota pendakian yang dibatasi yaitu sekira 300 orang. (MC/PC)

Foto: dok. Mounture.com