0

Ini Rekomendasi Wisata Pantai di Jawa Timur

Suasana pantai Sendiki di Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur (Foto: Mounture.com/Ayyfitria)

Mounture.com — Berlibur di lokasi terbuka atau outdoor kerap kali dilakukan untuk sekedar melepaskan kepenatan dengan aktivitas sehari-hari. Adapun berlibur di ruang terbuka salah satunya dengan bepergian ke pantai.

Adapun pantai merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Indonesia, banyaknya pantai hampir di setiap daerah menjadi destinasi utama berlibur. Salah satu daerah yang memiliki destinasi pantai populer adalah Jawa Timur.

Berikut ini beberapa pantai populer yang ada di daerah Jawa Timur yang wajib dikunjungi ketika akan berwisata ke pantai saat liburan.

1. Pantai Sendiki

Pantai yang memiliki tempat berkemah dengan suasana tenang dan sejuk ini terletak di Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang.

Di pantai ini, kalian akan disuguhkan dengan gelombang ombak besar serta hamparan pasir putih yang cantik. Selain itu, pantai ini terbilang sepi, sebab objek wisata ini masih sangat jarang dikunjungi karena belum banyak yang mengetahui.

Di pantai Sendiki ini kalian bisa melakukan kemah dengan menggunakan tenda sendiri ataupun menyewa perlengkapan yang disediakan pengelola setempat.

2. Pantai Papuma

Pantai ini memiliki area pasir putih yang sedikit menjorok ke laut, karenanya kawasan ini juga kerap disebut sebagai Pantai Tanjung Papuma. Tak hanya fenomena tersebut, pantai yang terletak di Desa Sumberejo, Jember ini juga memiliki pemandangan unik yakni keberadaan batu besar di dekat pantai.

Pantai ini memiliki warna air serta pasir yang cukup jernih dan bersih karena hingga kini pantai ini masih tergolong sepi akan pengunjung.

Kendati demikian, kalian tidak dibolehkan untuk berenang karena ombak di pantai ini tergolong besar dan sangat membahayakan. Menariknya, kalian pun bisa mendaki tebing untuk melihat laut dari ketinggian.

Baca juga: Pantai Menganti, Surga Tersembunyi di Kebumen

3. Pantai Goa Cina

Kendati dikenal sebagai wilayah pegunungan, namun kota Malang banyak menyuguhkan keindahan pantai. Salah satunya pantai Goa Cina yang terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo. Pantai ini tergolong pantai yang cukup populer, maka tak heran pantai ini hampir tak pernah sepi pengunjung.

Pantai ini memiliki pesona yang unik yaitu perpaduan antara pantai dan goa. Dari pesisir pantai, kalian bisa melihat sebuah goa yang dikelilingi tumbuhan hijau dan goa tersebut adalah Goa China. Kalian pun diperbolehkan untuk melihat sisi dalam goa namun harus dalam pengawasan petugas setempat.

4. Pantai Nganteb

Pantai ini cocok bagi para penggemar selancar, pasalnya kondisi ombaknya cenderung menantang. Karena itu juga, pantai ini tidak direkomendasikan bagi kalian yang ingin berenang di laut.

Pantai yang terletak di Sidurejo, Malang ini menyuguhkan berbagai aktivitas seru dan juga fasilitas yang memadai. Seperti tebing, area berkemah serta wisata air tawar. Untuk fasilitas, pantai ini memiliki musholla, warung dan toilet.

5. Pantai Tamban

Pantai yang terkenal dengan pesona sunrise-nya ini terletak di daerah Tambakrejo, Malang. Pantai ini pun sering dijadikan lokasi untuk foto pre-wedding karena pesona pantai dan ombak laut yang tenang dan sejuk.

Di pantai ini pun kalian bisa melakukan berbagai aktivitas seru, seperti memancing, snorkeling, ataupun diving secara bebas. Umumnya, para nelayan di pantai ini akan menawarkan spot-spot strategis untuk kalian melakukan aktivitas tersebut. (MC/LS)